ISC 2016, Perlombaan Berjenjang Diikuti Ratusan Siswa SD

oleh -
Suasana kegiatan Indonesia Scouts Challenge 2016 di Pusdiklatpur Paliyan. KH
iklan dispar
Suasana kegiatan Indonesia Scouts Challenge 2016 di Pusdiklatpur Paliyan. KH
Suasana kegiatan Indonesia Scouts Challenge 2016 di Pusdiklatpur Paliyan. KH

PALIYAN, (KH)— Sebagai salah satu upaya penunjang keberhasilan pendidikan anak serta penanaman karakter positif, kegiatan Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 digelar. Kegiatan yang berlangsung di Pusat Pendidikan dan Latihan Tempur (Pusdiklatpur) Paliyan ini merupakan program kerjasama antara Kwarnas dengan PT. DBL Indonesia yang melibatkan peserta dari kelas 4 dan 5 SD se Gunungkidul.

Sekjen Kwarcab Gunungkidul sekaligus Ketua penyelenggara, Edi Suryanto mengatakan, Perlombaan yang berlangsung selama dua hari (6-7 Agustus 2016) ini dilaksanakan berjenjang mulai dari regional (Kabupaten) kemudian Propinsi, hingga nasional.

“Serta Juara nasional akan di bawa mengikuti kegiatan serupa ke Amerika,” katanya disela rangkaian pelaksanaan ISC, Sabtu, (7/8/2016).

Ia menyebutkan, ada belasan game sebagai penentu regu yang lolos ke jenjang berikutnya. Jenis lomba tersebut diantaranya Tent Challenge (Tantangan tapak kemah), PPGD, Atribut, Susun Huruf, Mata Angin, Kejelisn (KIM), Bahasa Inggris, Team Building (Estafet sekoci, holahop, dan himpit bola), Tantangan kebangsaan , Tantangan Ketangkasan.

“Kemudian pada hari kedua dilaksanakan Golden Scouts Challenge, dan Hasta Karya,” tambah dia.

Kegiatan yang melibatkan 80 regu, terdiri dari 36 regu putri dan 44 regu putra dibuka oleh Kakwarcab Gunungkidul H Sudodo MM, turut hadir mendampingi Kepala Bidang TK SD Sri Andari, dan Kasi SD Tijan S Sos.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Andari menyebutkan, Kegiatan lomba kreativitas permainan dikemas sejenis dengan jambore pramuka dengan pelaksana kegiatan Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gunungkidul.

“Kegiatan yang baru pertama kalinya di Gunungkidul diikuti oleh peserta Penggalang Ramu dengan total 790 siswa,” jelas Andari.

Dia berharap, setelah anak-anak mengikuti kegiatan ISC dapat mengambil manfaat serta memiliki pengalaman berharga, sehingga dapat motivasi kesuksesan dimasa depan.

“Permainan dapat menanamkan sikap dan karakter kreatif, sportif, disiplin, kerjasama, toleransi, kemandirian, dan pemecahan masalah, serta masih banyak lagi karakter lain yang didapat oleh anak-anak,” ungkapnya. (Kandar)

Komentar

Komentar