Ini Penyebab Macet Jalan Jogja-Wonosari

oleh -
kadhung tresno

PATUK, kabarhandayani.– Pasca lebaran kepadatan arus lalu lintas terus terjadi di beberapa ruas jalan utama wilayah Gunungkidul. Hal ini terjadi karena banyaknya wisatawan yang berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Gunungkidul.
Berdasarkan pantauan KH, pengguna jalan mayoritas adalah kendaraan yang berplat nomor luar daerah. Banyaknya kendaraan yang melintas, didominasi kendaraan roda empat. Kemacetan pun tidak dapat dielakkan di beberapa ruas jalan Gunungkidul, termasuk jalan Jogja-Wonosari.
Kemacetan sering kali terjadi di sepanjang ruas jalan antara Sambipitu hingga Patuk ke arah Yogyakarta. Bripka Biyoso yang bertugas di Pospam Kali Pentung menjelaskan, kemacetan di jalur ini disebabkan karena adanya persimpangan jalan di mana ada mobil yang menyeberang. Kondisi tersebut didukung dengan jumlah kendaraan yang bertambah pada saat ini. “Setiap ada pertigaan ke kanan dan ada mobil yang belok kanan atau hendak menyebrang, pasti mematikan salah satu arus dan akhirnya numpuk ke belakang sehingga menyebabkan kemacetan,” jelasnya pada Kamis (1/7/2014).
Lanjut Biyoso, kendaraan yang hendak belok ke pom bensin dan pusat oleh-oleh pun juga turut andil menjadi penyebab kemacetan. Selain itu, kondisi jalan yang berkelok-kelok pun menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan. Pasalnya, para wisatawan luar daerah yang baru pertama kali berkunjung ke Gunungkidul tentunya belum hafal medan sehingga tidak memacu kendaraannya dengan kencang.
Menurut Biyoso, hal ini wajar terjadi di kala musim lebaran. “Yang penting para pengendara harus berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan nyalib dan mematuhi rambu dan marka jalan ketika arus sedang padat. Pihak kepolisian pun akan tetap siaga untuk mengatur arus lalu lintas,” tambahnya. (Mutiya/Jjw).

Komentar

Komentar