IKG Siap Bantu Danai Sanggar Seni Basiyo

oleh -
iklan dispar

PLAYEN, kabarhandayani.– Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) telah menyatakan kesediannya untuk turut membiayai sanggar seni Balai Anak Seni Yogyakarta (Basiyo) atau tertulis dalam slogannya “B451yo” yang baru saja diresmikan di Padukuhan Ngawu, Desa Ngawu, Kecamatan Playen. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum IKG Edi Sukirman saat persemian B45iyo pada Sabtu (2/8/2014).
“Meski tidak secara berkala dan diagendakan, kami atas nama IKG menyatakan siap untuk membantu dana guna mengembangkan sanggar ini. Melihat perkembangan seni khususnya pedalangan bagi anak-anak, hati kami merasa tergerak untuk turut berpartisipasi,” terang Edi.
Edi Sukirman memiliki harapan agar nantinya B45iyo yang didirikan oleh Wahyudi ini mampu mencetak dalang-dalang yang profesional. Menurutnya, tak sedikit pagelaran seni yang diadakan IKG dengan menampilkan seniman-seniman Gunungkidul seperti dalang cilik Erlangga Betrant Pashandaru yang pernah diundang ke Jakarta untuk sebuah pementasan. Ia juga mengapresiasi atas perjuangan Wahyudi dalam mendirikan sanggar seni ini dengan biaya yang cukup banyak.
IKG dalam peresmian sanggar B45iyo juga diwakili oleh Jangkung Sudarwanto selaku Pembina IKG, Gampang Harjono dan Subani. Acara peresmian B45iyo diwarnai dengan pementasan pentas wayang kulit semalam suntuk yang menghadirkan 8 dalang sekaligus dimana 7 dalang diantaranya adalah dalang cilik.
Pembina IKG jangkung Sudarwanto dalam pernyataannya menyatakan kegembiraan yang luar biasa karena IKG bisa ikut berpartisipasi dalam mengembangkan seni budaya khususnya di Gunungkidul. Bukan hanya pedalangan, kesenian lain seperti jathilan, reog, kethoprak, lanjut Jangkung, perlu pembimbingan dan sokongan dana serta prasarana yang memadai.
“Keistimewaan Jogja undang-undangnya sudah ada, jadi dengan kegiatan seperti ini nantinya bisa memperkuat istimewanya Jogja. Jangan sampai kita kalah dengan dalang-dalang dari luar negeri yang sudah mulai belajar di Jogja,” ujar Jangkung.
Sementara Wahyudi, pendiri sanggar B45iyo mengungkapkan kebahagiannya atas rencana dukungan dana dari IKG. Bantuan ini pastinya akan dirasaakan sangat bermanfaat bagi dalang-dalang cilik serta pelaku seni yang bernaung di bawah B45iyo.
“Saling bersinergi akan menciptakan kekuatan yang luar biasa. Saya senang tentunya karena IKG telah bersedia untuk berpartisipasi bersama kami. Selama ini kami memang menjalin hubungan baik antara pelaku seni di Gunungkidul dengan beliau-beliau (IKG) yang sangat memiliki andil dan peran,” katanya. (Maryanto/Hfs)

Komentar

Komentar