Ikan Panju

oleh -
Ikan Panju. Foto: Rado.
iklan dispar
Ikan Panju. Foto: Rado.
Ikan Panju. Foto: Rado.

Gunungkidul, (KH) — Ikan panju merupakan jenis ikan laut yang tidak mudah busuk. Jika ikan ini didapat di pagi hari dan akan diolah malam hari, ikan ini tidak akan bau. Isi perut ikan ini tidak terlalu banyak berisi usus atau brodot.

Ikan panju sangat terkenal di daerah pesisir selatan. Ikan ini ditangkap dengan cara dijaring atau dipancing. Saat musim penghujan seperti saat ini, ikan panju mudah didapat dan besar besar ukuranya. Para petani yang tidak sibuk di ladang karena menunggu masa panen, menggunakan kesempatan ini untuk memancing ikan panju.

Para petani memancing ikan dengan umpan teri atau bandeng. Ikan dipancing dengan cara kambangan. Ikan panju akan banyak muncul ketika air laut jernih dan tenang. Hampir semua petani dari ujung Sadeng sampai Baron akan memburu ikan panju.

Selain rasanya yang enak dan tidak terlalu amis, ikan ini memiliki nilai jual yang tinggi. Ikan ini tidak dijual kiloan, tapi berdasarkan ukuran. Jika ikan ini dijual kiloan, harga perkilo berkisar Rp 30.000. Harga ikan panju tergolong mahal, karena ikan segar yang belum diawetkan.

Para pedagang ikan akan memburu ikan panju karena selalu habis terjual di pasar, maupun ketika dijual keliling. Ikan panju ada tiga jenis, yaitu ikan panju gilik, ikan panju gepeng, dan ikan panju sisik. Dari ketiga jenis ikan panju, yang sangat diburu para pemancing ikan panju jenis gilik, karena harga jualnya yang mahal. (Rado/Tty)

Komentar

Komentar