Hutan Mojojerit Tepus Jadi Tempat Buang Sampah Sembarangan

oleh -
Sampah berserakan di pinggir jalan raya area Hutan Mojojerit Tepus. Foto: Woro.
iklan dispar
Sampah berserakan di pinggir jalan raya area Hutan Mojojerit Tepus. Foto: Woro.

TEPUS, (KH), — Perilaku membuang sampah sembarangan ternyata belum sepenuhnya hilang. Buktinya, masih ada tumpukan sampah persis di pinggir jalan raya tepi hutan Mojojerit Tepus. Bau tak sedap dan pandangan yang tidak nyaman pasti ditemui setiap orang yang melintas jalan raya penghubung wilayah Tepus dengan wilayah Wonosari ini.

“Belum ada penanganan bahkan sekadar tanda larangan buang sampah dari pihak terkait,” ungkap Kusworo, salah satu guru SMK Muhammadiyah Tepus kepada KH, Senin (23/7/2018).

Kusworo sangat menyayangkan masih adanya anggota masyarakat yang membuang sampah secara serampangan. Demikian pula, ia menyayangkan belum adanya tindakan paling mudah yaitu pelarangan dari pihak desa, kecamatan, atau dinas terkait.

Ia menengarai, sampah yang yang berserakan di tepi hutan tersebut sengaja dibuang oleh anggota masyarakat yang tak bertanggung jawab. “Buangan sampah kebanyakan terbungkus dalam tas kresek. Dilihat dari posisinya yang berserakan, sepertinya sampah sengaja dilempar sembari naik kendaraan,” ungkapnya.

Kepada KH, Kusworo menyampaikan keprihatikan dan uneg-unegnya perihal perilaku buang sampah sembarangan ini. Ia mengungkapkan, ketika terjadi ledakan wisatawan ke Gunungkidul, orang-orang mulai berimajinasi dan bercita-cita penuh percaya diri, bahwa dalam hal pariwisata Gunungkidul akan menjadi Bali kedua di Indonesia.

“Ini (menjadi Bali kedua) pengharapan yang bagus. Namun bagaimana akan terwujud, kalau dari perkara kecil perilaku membuang sampah saja masih begini keadaannya?” keluhnya penuh keprihatinan dan keheranan. (Kandar).

 

Komentar

Komentar