Hari Pertama Persaingan Nilai Ketat di PPDB SMP

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,kabarhandayani. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2014/2015 untuk tingkat SMP/MTS sederajat di Gunungkidul, dimulai hari ini Kamis (3/7/2014). Sejumlah sekolah favorit telah dipenuhi pendaftar pada hari pertama.  

Pantauan di sejumlah sekolah di Kecamatan Wonosari dan Playen, seperti SMPN 1 Wonosari dan SMP N 2 Playen, ratusan siswa diantar orang tuanya mendaftar atau sekedar memantau nilai. Kedua sekolah dipenuhi pendaftar sejak pukul 07.30 WIB. 

Di SMPN 1 Wonosari, sampai pukul 10.15 WIB sudah ada 181 formulir yang diambil pendaftar. Daya tampung sendiri ada 8 kelas dengan jumlah siswa 192. Tetapi hingga pukul 11.25 WIB baru ada 151 formulir yang dikembalikan ke operator PPDB. 

Sementara SMPN 2 Playen menampung 128 siswa atau empat kelas. Hingga pukul 13.00 WIB sudah ada 121 siswa yang melakukan pendaftaran. Pelaksanaan PPDB di dua SMPN tersebut akan dibuka selama tiga hari meski jumlah pendaftar akan melebihi daya tampung. 

Ketua panitia PPDB SMPN 1 Wonosari Sulistiana mengatakan, untuk hari pertama PPDB sebagian siswa masih memantau nilai pendaftaran dan mengambil formulir. “Banyak yang sudah mengambil formulir tetapi baru mereka yang nilainya sudah tinggi yang langsung nendaftar,” katanya. 

Dijelaskan, untuk bisa memantau nilai, panitia menyediakan layar monitor yang diletakkan di dalam kelas, setiap menit, layar tersebut akan menampilkan update terkini nilai terendah dan nilai tertinggi siswa yang telah mendaftar. Hingga pukul 10.30 nilai tertinggi pendaftar di SMPN 1 Wonosari 28,70. 

Sulistiana mengatakan, tidak hanya dari SD yang berada di dalam kota Wonosari, tetapi pendaftar datang dari seluruh kecamatan di Gunungkidul. “Hari pertama pendaftaran, belum ada siswa yang berasal dari luar daerah Gunungkidul,” katanya. 

Sementara Ketua PPDB SMPN 2 Playen Bambang Kustianto mengatakan, SMPN 2 Playen yang merupakan peringkat terbaik ke 4 di Gunungkidul hingga pukul 13.00 WIB, nilai pendaftar tertinggi yakni 28,45. “Nilai terendah sementara 20,80 tetapi hanya satu anak, yang lain diatas 23,8,” jelasnya. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar