Hari Jadi Gunungkidul ke-191, Gubernur DIY Minta Lirik Potensi Maritim

oleh -
Gunungkidul
Kirab pusaka mewarnai resepsi peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke- 191. (KH/ Kandar)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyampaikan pesan agar pemerintah bersama masyarakat Kabupaten Gunungkidul melirik sektor maritim. Pesan tersebut disampaikan dalam resepsi peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul ke- 191 di Bangsal Sewoko Projo, Jumat, (27/5/2022).

“Sektor kemaritiman sangat potensial untuk dikembangkan. Tren global saat ini adalah Blue Economy, di mana pemanfaatan sektor maritim dapat dioptimalkam demi kesejahteraan,” pesan Raja Keraton Yogyakarta ini melalui video conference.

Namun demikian, sambung dia, segenap upaya dalam mengembangkan sektor laut tersebut dilarang mengkesampingkan ekosistem lingkungannya.

Potensi maritim yang dimaksud tak hanya sektor wisata, namun juga terkait hasil lautnya. Dengan tetap menjaga aspek ekologi, dia yakin pemanfaatannya bisa berlangsung secara berkelanjutan.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengklaim, pesan yang berkaitan dengan pembangunan dan perekonomian itu memang telah masuk dalam visi misi kepemimpinannya. Pengembangan sektor maritim agar memiliki dampak bagi masyarakat secara nyata, tidak akan terlepas dari pemberdayaan UMKM.

“Kami juga yakini sektor itu akan mendukung pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Bersamaan dengan usaha pengembangan pada sektor maritim, sektor lain diantaranya pertanian dan peternakan juga akan terus dimaksimalkan.

“HUT kali ini mengangkat tema Kridhaning Makarya. Maknanya adalah sinergi dan kerja keras antara pemerintah dan masyarakat. Bersama-sama bekerja keras akan membawa Gunungkidul semakin baik dan maju,” tutur Sunaryanta. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar