Hardiknas, Dibutuhkan Keterlibatan Semua Pihak Perluas Fungsi Pendidikan

oleh -
Pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas di alun-alun Pemkab Gunungkidul. KH/ Edo.
iklan dispar
Pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas di alun-alun Pemkab Gunungkidul. KH/ Edo.
Pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas di alun-alun Pemkab Gunungkidul. KH/ Edo.

WONOSARI, (KH)– Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2016 digelar di alun-alun Kabupaten Gunungkidul, Senin (2/5/2016). Bertindak selaku inspktur upacara Bupati Gunung Kidul, Hj. Badingah, S.Sos.

Dalam sambutannya, Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos yang membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menyampaikan bahwa pemerintah mengapresiasi para pendidik dari berbagai jenjang atas peran aktifnya dalam mencerdaskan masyarakat sebangsa dan juga telah menyalurkan inspirasi bagi anak – anak/ pelajar.

“Ada beberapa hal mendasar dalam meningkatkan kualitas manusia yaitu dengan literasi dasar diantaranya, literasi financial, literasi sains, dan budaya,” Kata Bupati Gunungkidul pada sambutan upacara.

Selain itu, lanjut Bupati, dibutuhkan karekter moral berdasar pancaasila, keimanan, integritas, dan rasa welas asih, kinerja ulet dan tangguh serta memiliki inisiatif.

Hardiknas kali ini mengusung tema “Nyalakan pelita, Terangkan Cita-cita”. Dalam abad ke 21 ini anak-anak di Indonesia dituntut untuk bisa menghadapi masalah-masalah yang komplek, oleh karena itu ajakan Mendikbud kepada semua pendidik dari berbagai jenjang untuk bergerak dan terlibat dalam memperluas fungsi dampak pendidikan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, selamat merayakan bulan pendidikan,” tambah Badingah.

Upacara Hardiknas ini diikuti oleh para pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta para Pegawai Negeri Sipil, Guru, dan jajaran Dinas Pendidikan, juga seluruh anggota Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Gunungkidul. (Edo)

Komentar

Komentar