H-5 Lebaran Harga Hewan Ternak Meroket

oleh -
iklan dispar

PLAYEN, kabarhandayani.– Menjelang Lebaran tahun ini, harga kambing di Pasar Hewan Siyono Harjo, Playen, Kabupaten Gunungkidul merangkak naik. Diperkirakan harga ini akan terus mengalami kenaikan hingga pasca Lebaran tiba.
Untuk harga kambing  yang berukuran besar, sebelumnya dipatok Rp 1,2 juta per ekor. Kini naik menjadi Rp 1,5 hingga 1,7 juta per ekor. Untuk kambing ukuran sedang saat ini harganya Rp 1.000.000,00.  Padahal, sebelumnya harga kambing berukuran sedang hanya dipatok Rp 700.000,00 per ekor.
Harga kambing berukuran kecil sekitar Rp 700.000,00. Sebelumnya harga kambing kecil dipatok Rp 500.000,00. Sedangkan untuk harga berbagai jenis sapi seperti Metal, Limosin dan Sapi Jawa kenaikannya mencapai Rp 1.000.000,00 hingga Rp 2.000.000,00 per ekor.
Salah seorang pembeli Kambing, Suyat warga Siyono, Playen mengatakan, tetap membeli kambing meskipun mengalami kenaikan harga. Sebab, dia sangat membutuhkan kambing untuk menyetok daging di salah satu warung sate dan tongseng ternama di Gunungkidul.
“Saya memang biasa menyetok kambing untuk dipasok salah satu warung tongseng dan sate. Menjelang lebaran permintaan sangat banyak, jadi lebih baik saya stok dari sekarang daripada pasca lebaran semakin mahal.” Terang Suyat, Kamis (24/07/2014).
Hal tersebut dibenarkan staf pasar hewan Siyono Harjo, Joko Budi Santosa yang mengatakan, bahwa harga hewan ternak  mengalami kenaikan memasuki akhir Ramadhan. Berdasarkan pengalaman harga hewan ternak akan naik sampai H+7 Lebaran.
“Kenaikan diduga karena banyaknya permintaan daging menjelang lebaran, karena hewan ternak yang berukuran besar dan gemuk memiliki nilai jual tinggi,” ujarnya.
Pihaknya menambahkan, untuk hari ini hewan yang masuk ke pasar Siyono Harjo cukup banyak, hal ini dikarenakan Pasar Siyono Harjo menjadi tempat jual-beli terakhir sebelum Lebaran. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar