Gunungkidul Raih Penghargaan Nasional Sikompak Award 2014

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Kabupaten Gunungkidul kembali meraih prestasi terbaik pertama nasional yang diberikan Kementerian Dalam Negeri dalam hal Perencanaan Pembangunan. Penghargaan diberikan oleh Mendagri Gamawan Fauzi di Jakarta pada Kamis (5/6) pekan lalu.

Bupati Gunugkidul Hj. Badingah S.Sos mengatakan, dengan prestasi itu pihaknya juga mendapat penghargaan “Sikompak Award 2014”, penghargaan itu diberikan kepada Bupati Gunungkidul karena dinilai sebagai pembina terbaik nasional kategori Perencanaan Pembangunan Desa (PPD) aspek ketersediaan dan pelaksanaan regulasi.

Penghargaan Sikompak diberikan karena pemerintah pusat menilai pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan di Gunungkidul memenuhi unsur partisipasi, transparansi, kompetisi, keberpihakan kepada orang miskin dan akuntabilitas,” katanya saat temu wartawan, Senin (9/6/2014).

Sujoko, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Gunungkidul menambahkan, penghargaan tersebut diraih Gunungkidul melalui berbagai penilaiaan yung ketat. Dalam pelaksanaan PNPM Mandiri Pedesaan melalui berbagai mekanisme dan regulasi.

Sujoko menerangkan, kegiatan yang dinilai adalah sebagaimana kegiatan perbaikan sarana dasar ataupun infrastruktur perdesaan yang benar-benar memberikan manfaat dan dampak ekonomi riil dan kolektif  baik langsung atau tidak langsung di masyarakat.

“Program PNPM Mandiri Perdesaan dalam bentuk usaha masyarakat, tidak hanya memberikan pelatihan dan modal usaha, namun berlanjut hingga membuka show room untuk memasarkan hasil produk binaan UPK di Gunungkidul. ” jelasnya. (Juju/Jjw).

Komentar

Komentar