Gunungkidul Raih Juara Umum Festival Kethoprak DIY

oleh -
Rombongan kontingen Gunungkidul berfoto merayakan kemengan. Sumber: fb.
kadhung tresno
Rombongan kontingen Gunungkidul berfoto merayakan kemengan. Sumber: fb.
Rombongan kontingen Gunungkidul berfoto merayakan kemenangan. Foto: fb.

WONOSARI, (KH)— Kabar menggembirakan bagi masyarakat Gunungkidul datang dari pelaksanaan festival Kethoprak DIY tahun ini. Gunungkidul mampu meraih juara umum setelah menyingkirkan kontingen dari kabupaten lain.

Sebelum tampil pada festival yang digelar pada Sabtu, (26/11/2016) malam di Hall TBY itu, kontingen Gunungkidul yang disutradarai Lukas Priyo Arintoko ini melakukan persiapan selama kurang lebih 11 hari.

“Ini kebanggaan bagi masyarakat Gunungkidul. Kita tahun ini meraih banyak prestasi dibidang seni budaya,” ujar  Kepala Seksi Pengembangan dan Pelestarian Nilai Budaya Disparbud Gunungkidul, Dwijo Winarto, Minggu, (27/11/2016).

Saat tampil, lanjut Dwijo, Gunungkidul menyuguhkan lakon Bebendu karya Bondan Nusantara. Pertunjukan Gunungkidul mampu membuat para dewan juri memberikan predikat terbaik pada beberapa kategori penilaian.

Ia merinci beberapa kategori terbaik yang diraih diantaranya; Penata setting terbaik oleh Guntur; Peran utama Putri terbaik Endah Kartika; Peran utama Putra terbaik Alfian; dan juga Sutradara terbaik. Dirinya menambahkan, para pemain merupakan seleksi pada Festival Kethoprak antar kecamatan yang dilaksanakan sebelumnya.

“Tim pemandu bakat mengambil pemain terutama dari kontingen peraih juara 1 sampai 5 pada Festival Kethoprak Kabupaten yang dilaksanakan sebelumnya, setelah dikumpulkan dilakukan latihan seperlunya,” urai Dwijo.

Setelah Gunungkidul sebagai juara terbaik I sekaligus juara umum, berikut para juara pada kategori lain yang berasal dari kabupaten lain; Penata rias dan kostum terbaik dari Sleman; Penata iringan terbaik dari Sleman, Peran pembantu Putri terbaik dari Wulan Susanti asal Bantul; Peran pembantu Putra terbaik Krisna Wahyu dari Sleman.

Sementara itu urutan juara berdasar akumulasi kategori perorangan sebagai berikut; terbaik ke V Kodya, Terbaik ke IV Kulon Progo, Terbaik ke III Kecamatan Bantul, dan Terbaik ke II diraih Kabupaten Sleman. (Kandar)

Komentar

Komentar