Gunungkidul Mulai Panen Raya Jagung

oleh -
Petani di Playen panen jagung. (ist)
iklan hut ri multazam

PLAYEN, (KH),– Kabupaten Gunungkidul mulai panen raya jagung. Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul turut serta mengikuti salah satu kelompok tani yang menggelar panen  jagung pada Kamis, (27/2/2020) lalu.

Kelompok Tani Agra di Dusun Ngleri Lor, Ngleri, Playen,  Gunungkidul ini memanen jagung jenis hibrida. Lurah Desa Ngleri, Supardal, sebagaimana mengutip keterangan ketua kelompok tani, lahan yang digunakan untuk penanaman jagung sebaluas 50 hektar di kawasan hutan rayat wilayah setempat.

“Dalam panen jagung musim ini dicapai ubinan rata-rata 10,7 ton per hektar jagung pipil panen,” kata Supardal. Adapun pola tanam di sela tegakan kayu putih dilaksanakan 2 kali penanaman tanaman Palawija selama musim tanam.

Menurutnya, hasil panen jagung tergolong berlimpah. “Kisaran hasil uang yang dihasilkan bisa mencapai Rp. 25 sampai dengan Rp. 30 juta tiap hektar,” ungkap Supardal.

Diharapkan petani lebih berdaya dan memanfaatkan kesempatan adanya peningkatan pariwisata di Gunungkidul dengan memasok hasil pertanian di pasar tani Desa Ngleri.

Plt Sekretaris DPP, Raharjo Yuwono mengucapkan terimakasih atas terjalinnya kerjasama dengan Kelompok Tani (Poktan). Poktan dinilai telah berhasil menjalankan program penanaman jagung dari pemerintah. Diharapkan petani tetap semangat dengan tema petani maju mandiri, modern bersama Kostra Tani di Kecamatan melalui Balai Penyuluh Pertanian (BPP). (Kandar)

Komentar

Komentar