Gunung Manjung Girisubo Longsor

oleh -
Longsoran di Bukit Manjung Girisubo rusak lahan pertanian penduduk. Foto: Rado
iklan dispar
Longsoran di Bukit Manjung Girisubo rusak lahan pertanian penduduk. Foto: Rado
Longsoran di Bukit Manjung Girisubo rusak lahan pertanian penduduk. Foto: Rado

GIRISUBO, (KH) — Bukit Manjung di Desa Jepitu Girisubo mengalami longsor  dan mengakibatkan kerusakan pada Sabtu malam Minggu, (27/12/14). Lokasi bukit yang merupakan lahan pertanian penduduk tersebut persisnya berada di sebelah barat Pantai Jungwok atau utara Botorubuh.

Dilaporkan tidak terdapat korban jiwa, namun longsoran tersebut mengakibatkan kerusakan lahan pertanian milik masyarakat. Beberapa petani melaporkan lahan pertaniannya mengalami kerusakan, bahkan tananam padi dan kacang ikut tertimbun longsor. Longsor yang terjadi sepanjang kurang lebih 300an meter. Terlihat pohon pohon besar seperti akasia dan pohon kelapa ikut terbawa longsor.

Belum diketahui secara pasti kenapa bisa terjadi longsor karena sejak dulu belum pernah terjadi longsor di sekitar wilayah ini. “Mau bengi ki aku krungu dung ping pindo gek gludhuk gludhuk seru banget tak kiro bledhek mas” ungkap MNbah Gino yang bermalam di dekat Gunung Manjung.

Beberpa petani mengalami kerugian dan dipastikan tidak panen karena tanaman tertimbun longsor semua bahkan gubuk salah satu petani ikut tertimbun longsor. Ada hewan ternak yang selamat dalam jarak lima belas meter dari longsoran tanah.

Genah ra panen mas, pariku kurukan lemah kabeh,” ungkap Rubiyo salah satu pemilik lahan pertanian. Belum diketahui kerugian para petani yang tanamannya tertimbun longsor. Pemilik lahan pertanian belum berani mendekat karena takut terjadi longsor susulan. (Rado)

Komentar

Komentar