KPUD Gunungkidul Luncurkan 2 Buku

oleh -
KPUD Gunungkidul luncurkan Buku Hasil Pemilu 2014
iklan dispar
KPUD Gunungkidul luncurkan Buku Hasil Pemilu 2014
KPUD Gunungkidul luncurkan Buku Hasil Pemilu 2014

WONOSARI, (KH)— Komisi Pemilihan Umum Gunungkidul meluncurkan dua buku pada akhir tahun 2014. Buku pertama tentang Profil Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul  periode 2014-1019 dan buku kedua tentang Pemilihan Umum tahun 2014 Gunungkidul Dalam Angka.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gunungkidul, Muh Zaenuri Ikhsan mengatakan, buku pertama tetang profil anggota DPRD Gunungkiudul periode 2014-2019 sudah selesai dicetak tetapi tidak lengkap seperti yang diharapkan.

“Dalam buku profil anggota DPRD memang data yang ada tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, seperti nomer telpon anggota DPRD tidak ada, padahal sebenarnya itu penting,” kata Zaenuri usai mengikuti peluncuran buku di Ruang Rapat I, Pemkab Gunungkidul, Senin (29/12/2014).

Dalam buku profil anggota DPRD terdapat 56 halaman. Dalam daftar isi terdapar susunan Pimpinan DPRD Gunungkidul, susunan Fraksi DPRD Gunungkidul, dan Visi dan Misi anggota DPRD Gunungkidul yang terpilih.

“Jika ada nomer telpon yang tertera dalam buku ini, sebenarnya dapat menjadi kontrol kinerja masyarakat terhadap pilihanya, jangan sampai  mereka bekerja tidak sesuai harapan dan bahkan bermasalah hukum,” tegas Zaenuri.

Selain buku profil anggota DPRD, KPUD Gunungkidul juga merilis buku Pemilu tahun 2014 dalam angka. Buku tersebut mengupas secara lengkap hasil penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.

Zaenuri mengatakan, buku setebal 132 halaman itu diharapakan bisa menjadi panduan, dan edukasi masyarakat tentang tahapan pemilihan umum yang dilaksanakan pada tahun 2014, sehingga masyarakat ataupun instansi pemerintahan bahkan awak media yang akan mencari hasil pemilu dalam angka dapat melihat dibuku itu.

“Karena buku cetakannya terbatas, bagi masyatakat yang akan mencari hasil pemilu dalam data, dapat melihat di website KPU, nanti soft filenya akan kita upload disana,” ucap Zaenuri.

Sementara, Sekretaris Daerah Gunungkidul, Budi Martono memberikan apresiasi atas peluncuran buku tersebut. Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan jalannya pemilihan umum.

“Buku ini adalah bagian dari catatan sejarah. Saya kemarin sudah sedikit membuka buku itu. Di dalamnya memang komplit, ada hasil perolehan suara, bahkan  hingga tingkat kecamatan,” kata Budi dalam acara yang dihadiri pihak Polres Gunungkidul, Kodim 0730,  Partai Politik, dan Panwaslu.

Budi berharap, buku tersebut juga dapat menjadi referensi pemerintah dengan dijadiakan acuan penganggaran pada pemilihan umum yang akan datang. “ Buku ini dapat menjadi sumber penganggaran pemilu karena memang seluruh proses dalam pemilu ada dalam buku ini,”ulasnya.

Dalam kesempatan tersebut, KPUD Gunungkidul juga memberikan piagam penghargaan kepada dinas dan instansi yang membantu terselenggarakanya proses pemilihan umum 2014. (Juju)

Komentar

Komentar