‘Gugur Gunung’ Vaksinasi oleh Lingkar Komunitas Handayani Diikuti Ribuan Warga

oleh -
vaksin
Vaksinasi yang digelar Lingkar Komunitas Handayani bersama Kodim 0730, Polres dan Dinkes Gunungkidul. (KH/ Bara)

WONOSARI, (KH),– Lingkar Komunitas Handayani difasilitasi Kodim 0730, dibantu Polres dan Dinkes Gunungkidul menggelar vaksinasi massal Sabtu (18/9/2021) di kompleks Kolam Renang Tirto Bakti Utomo.

Kegiatan vaksinasi dengan tagline “Gugur Gunung Maksin Gunungkidul” didukung oleh Komunitas Loro Blonyo serta melibatkan 20 komunitas dan ormas se-Gunungkidul serta Jogja.

Koordinator Lingkar Komunitas Handayani, Stefanus Sujoko mengatakan, gotog-royong vaksinasi tahap pertama dengan vaksin jenis Sinovac itu merupakan bentuk dukungan implementasi atas instruksi Gubernur DIY terkait target vaksinasi.

“Masyarakat sudah resah dengan pembatasan-pembatasan yang diterapkan selama ini. Jika target vaksinasi lebih cepat, harapannya segera diperlonggar. Paguyuban dan komunitas juga berniat memberikan edukasi terkait vaksinasi kepada masyarakat. Hingga saat ini masih saja ada informasi terkait vaksin yang simpang siur,” terang Joko.

Lebih jauh disampaikan, dengan jaringan komunikasi yang dimiliki masing-masing komunitas, terbukti dapat menjadi sarana penggerak sekaligus mampu memobilisasi warga agar terpanggil mengikuti program vaksinasi yang digalakkan pemerintah.

Joko menyebut, vaksinasi diikuti 2.100 warga. Capaian itu tak lepas dari peran 20-an komunitas yang terlibat. Sebelumnya, melalui jaringan masing-masing, informasi dan ajakan untuk mengikuti vaksinasi massal disebarluaskan.

Selain mengejar target, salah satu alasan gerakan gotong-royong vaksinasi ini diantaranya juga untuk memberikan akses warga beridentitas luar Gunungkidul yang selama ini tinggal atau beraktivitas di Gunungkidul, supaya terakomodir ikut vaksinasi.

Gugur gunung merupakan spirit orang Gunungkidul. Kesadaran kolektif itu masih hidup di tengah masyarakat. Kerja bersama dengan tujuan besar tanpa kepentingan pribadi maupun golongan, seperti mengejar target vaksinasi ini bisa ditempuh melalui gerakan gugur gunung,” tandas dia.

Joko menilai, gerakan ini juga menjadi pengingat bersama termasuk bagi pemangku kebijakan bahwa gugur gunung dapat menjadi sarana meraih tujuan bersama tanpa berbelit.

“Agar target benar-benar tercapai dengan cepat, kami berharap titik sentra vaksinasi diperbanyak dan dipermudah aksesnya. Dapat pula memanfaatkan hari diakhir pekan,” sambung Joko.

Harapan selanjutnya, masyarakat Gunungkidul dapat segera beraktivitas dengan kebiasaan yang baru. Yang paling mendesak diantaranya aktivitas ekonomi.

Komandan Kodim 0730/Gunungkidul, Letkol Kav Anton Wahyudo sebelumnya menyampaikan ajakan kepada warga masyarakat untuk mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Sebagaimana intruksi Panglima TNI, Kodim 0730 belakangan ini juga menjalin kerjasama dengan lintas sektor dan kelompok masyarakat menggelar vaksinasi.

“Jika ada vaksinasi massal, baik warga Gunungkidul maupaun luar Gunungkidul agar bersedia mengikutinya,” ajak Dandim. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar