Gempa Bumi 4,6 SR Berpusat di Barat Daya Gunungkidul

oleh -
gempa bumi
Gempa bumi di barat daya Gunungkidul. (BMKG)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Gempa bumi berkekuatan 4,6 Skala Richter (SR) mengguncang Gunungkidul Selasa siang (27/4/2021). Gempa Tektonik terjadi pukul 10.22WIB dengan pusat gempa berada di laut.

Dilansir dari hasil analisis BMKG yang dilaporkan, gempabumi memiliki parameter dengan magnitudo  M=4.6.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.740 LS dan 110.26843 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km barat daya Gunungkidul pada kedalaman 24 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Gunungkidul, Bantul, Sleman dan Wonogiri dengan kategori II MMI, yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan  benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Kendari pusat gempa berada di laut, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak menimbulkan dampak tsunami

Sampai pukul 10.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan atau (aftershock).

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Ia juga menghimbau masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Memeriksa dan memastikan jika  bangunan tempat tinggal masing masing tidak terjadi kerusakan atau keretakan dinding akibat Gempa yang membahayakan kestabilan bangunan. Pemeriksaan hendaknya dilakukan warga sebelum kembali ke dalam rumah masing-masing.

Masyarakat dapat mengakses informasi resmi yang hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. [Edi Padmo]

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar