Gelar Operasi Zebra Sekaligus Sambut Libur Panjang, Polres Tekankan Protokol Kesehatan

oleh -
Polres Gunungkidul gelar apel pasukan Operasi Zebra 2020. (dok. Polres Gunungkidul)
kadhung tresno

WONOSARI, (KH),– Polres Gunungkidul menggelar apel pasukan pelaksanaan Operasi Zebra 2020 di halaman Mapolres, Senin (26/10/2020). Operasi yang digelar selama 14 hari mulai hari ini hingga 8 November mendatang akan memprioritaskan menindak beberapa pelanggaran.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan, S.I.K merinci, sasaran Operasi Zebra diantaranya pengendaraa sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, pengemudi roda empat yang tidak mengenakan safety belt, pengemudi roda empat yang melebihi batas kecepatan dan melawan arus.

“Selain itu diprioritaskan juga menindak pengendara yang mengemudikan kendaraan dalam pengaruh alkhohol, pengendara di bawah umur, pengendara yang menggunakan handphone dan juga menindak kendaraan dengan piranti lampu rotator/strobo,” kata AKBP Agus Setiawan usai apel.

Karena dalam kurun waktu pelaksanaan Operasi Zebra terdapat libur panjang, petugas juga akan memberikan pelayanan kepada masyarakat supaya tidak terjadi kemacetan maupun tindakan kriminalitas.

Di luar itu, 138 personel gabungan dari semua fungsi kepolisian juga akan menghimbau masyarakat yang ingin berwisata agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yaitu menggunakan masker, saling menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir atau dengan hand sanitizer serta mematuhi rambu lalulintas.

“Kami harap masyarakat patuh pada himbauan petugas di lapangan demi keselamatan dan kelancaran bersama. Operasi Zebra juga mengantisipasi tingginya kunjungan wisatawan pada cuti libur panjang selama 4 hari, 28-31 Oktober 2020,” imbuh Kapolres.

Di lain kesempatan, Bupati Gunungkidul, Badingah mengaku telah melakukan koordinasi mempersiapkan berbagai destinasi wisata untuk menyambut kehadiran wisatawan pada libur panjang.

“Kami tidak ingin ada klaster baru dari pariwisata. Gugus Tugas tetap diaktifkan. TNI dan Polri serta Pol PP bersinergi dalam libur panjang pekan ini,” jelas Badingah. (Kandar)

Komentar

Komentar