Festival Kethoprak akan Digelar di Bejiharjo

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Sedikitnya 10 group ketoprak yang ada di Kabupaten Gunungkidul bakal mengikuti Festival Kethoprak yang akan digelar pada 10-12 Agustus 2014, di kompleks Balai Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.
Ketua Panitia Pelaksana Festival Hargo Warsono mengatakan, group kethoprak tersebut berasal dari seluruh desa budaya di Gunungkidul, antara lain Desa Budaya Katongan, Desa Budaya Semanu, Desa Budaya Kepek, Desa Budaya Bejiharjo, Desa Budaya Putat, Desa Budaya Giring, Desa Budaya Kemadang, Desa Budaya Semin, Desa Budaya Giri Sekar, dan Desa Budaya Jeruk Wudel.
Lebih lanjut dikatakan, dalam festival ini, setiap peserta bebas membawakan lakon atau cerita. Untuk hari pertama, panitia akan menampilkan empat peserta, pada hari kedua akan ditampilkan empat peserta, dan hari terakhir akan ditampilkan dua peserta. Pentas akan dilaksanakan mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai.
“Dengan adanya festival tersebut, diharapkan akan membangkitkan kembali kegiatan group kesenian ketoprak di wilayah Kabupaten Gunungkidul,” ucap Hargo Warsono, Senin (4/8/2014).
Hargo memaparkan, festival ketoprak ini juga merupakan proses seleksi yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Disbudpar Gunungkidul. Dalam kegiatan festival ini Karang Taruna Desa Bejiharjo ditugasi sebagai penyelenggara, berkenaan dengan status Desa Bejiharjo sebagai salah satu desa budaya di Gunungkidul.
Dari 32 desa budaya yang ada di DIY, nantinya akan dipilih 5 group ketoprak terbaik dari masing-masing kabupaten. Kemudian, lima terbaik akan diseleksi lebih lanjut hingga mendapatkan satu group terbaik.
“Festival ini sifatnya pembinaan, agar setiap desa wisata yang ada diseluruh DIY terus mengembangkan kesenian tersebut. Kita berharap bibit-bibit baru seniman ketoprak akan muncul melalui festival ini,” jelasnya.
Hargo melanjutkan, seluruh kriteria penilaian sepenuhnya adalah tanggung jawab Dinas Kebudayaan DIY. Setiap peserta bebas membawakan lakon yang dipilih. Untuk mekanisme pementasan, setiap peserta diberikan waktu maksimal 1 jam.
Pada pentas malam terakhir, juga akan dimeriahkan oleh group Lawak Guyon Maton yang akan menghadirkan Waluyo, Jhony, dan Suhin. Festival tersebut dipastikan bakal meriah karena bertepatan dengan acara Bersih Desa (Rasulan) empat padukuhan yang ada di Desa Bejiharjo. (Juju/Jjw)

Komentar

Komentar