Eksepsi Penasehat Hukum Mbah Harso Ditolak

oleh -
Harso Taruno di persidangan PN Wonosari. Foto: Juju.
iklan dispar
Harso Taruno di persidangan PN Wonosari. Foto: Juju.
Harso Taruno di persidangan PN Wonosari. Foto: Juju.

WONOSARI, (KH)— Sidang kasus pencurian kayu yang dijalani Harso Taruno warga Padukuhan  Bulurejo, Desa Kepek, Saptosari terus bergulir. Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Wonosari, Selasa (30/12/2014), esepsi yang disampaikakan penasehat hukum terdakwa dalam sidang sebelumnya ditolak.

“Ya jelas kecewa, eksepsi yang kita sampaikan ditolak, tetapi tidak menjadi masalah, perkara ini akan tetap berlanjut, dan kita akan memfokuskan pembuktian di persidangan mendatang,” ungkap penasehat hukum Harso, Suraji Noto Suwarno, seusai sidang.

Untuk meringankan Harso, kata Suraji, 6 saksi telah dia siapkan.  Pihaknya akan mengungkap, kalau selama ini pihak BKSDA sudah melakukan penyewaan lahan hutan kepada warga yang tinggal di sekitar kawasan hutan.

“Kita juga akan membuktikan kalau Mbah Harso tidak melakukan penebangan pohon jati seharga Rp 400 ribu seperti yang dituduhkan oleh JPU,” terangnya.

Tidak hanya penasehat hukum Harso yang mengaku kecewa dengan penolakan esepsi tersebut. Tetapi Harso sendiri terus menggerutu. Harso terlihat kecewa dan tidak terima dia dikatakan sebagai maling. Bahkan Harso siap dihadapkan saksi dari JPU untuk mengungkap fakta yang sebenarnya.

“Yang jelas saya sakit hati, saya dituduh menebang pohon, padahal itu tidak pernah saya lakukan,”kata Harso. Usai sidang, yang diketuai oleh Yamti Agustina, hakim anggota Agung Budi Setiawan dan Nataline Setyowati.

Harso juga mengaku siap dihadapakan dengan Polisi Hutan yang memaksanya mengakui perbuatanya. Tidak seperti pada sidang sebelumnya, raut wajah Harso pada sidang hari ini lebih terlihat pucat. Usai sidang, Harso pun langsung pergi meninggalkan pengadilan.

Sementara, majelis hakim Pengadilan Negeri Wonosari, Yamti Agusyina usai memutuskan putusan sela, meminta kepada JPU untuk menghadirkan saksi. Sidang lanjutan kasus Mbah Harso ini akan kembali digelar, Selasa (6/1/2015). (Juju)

Komentar

Komentar