Dukung Kesiapan Fisik Optimalkan Kinerja, Kepala OPD Gunungkidul Ikuti Kesamaptaan

oleh -
Kesamaptaan
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyertai kesamaptaan yang diikuti kepala OPD di lingkup Pemkab Gunungkidul. (KH)

WONOSARI, (KH),– Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemkab Gunungkidul mengikuti Kesamaptaan bersama Bupati Sunaryanta di Stadion Gelora Handayani, Rabu (22/12/2021) pagi. Pelaksanaan kegiatan yang berisi berbagai gerakan olah raga ini dipandu oleh jajaran Kodim 0730/Gunungkidul.

Sunaryanta mengatakan, sebelum dilaksanakan bersama OPD, kesamaptaan lebih dulu dilakukan bersama Satuan Polisi Pamog Praja dan jajaran BPBD. Puluhan peserta kesamaptaan mengikuti berbagai ragam bentuk gerakan olah raga, diantaranya lari, set up, pull up, hingga renang.

“Saya sejak awal menjabat memang berniat meningkatkan kebugaran fisik pegawai di lingkup Pemkab, selain agar derajat kesehatannya meningkat, olah raga yang rutin guna mendukung kinerja agar lebih optimal,” kata Sunaryanta.

Dia ingin seluruh ASN di Gunungkidul selalu siap melaksanakan tugas melayani masyarakat sesuai porsi dan tanggungjawabnya masing-masing. Indikator kesiapan itu diantaranya ditandai dengan kondisi fisik yang prima.

Sekda Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengaku, bahwa kegiatan olahraga yang mengambil waktu secara khusus bersama OPD merupakan hal baru. Dia menyambut baik pelaksanaan kesamaptaan ini.

“Ini cara bupati mengecek dan meningkatkan kebugaran dan kesehatan ASN. Tentu akan mendukung kesiapan ASN dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Drajad.

Dia menambahkan, kegiatan kesamaptaan direncanakan digelar rutin dua kali dalam setahun. Dia yakin, jangka panjangnya akan berdampak baik bagi kesehtan ASN.

Pada saat lari mengitari lapangan stadion, Drajat mengaku mampu menempuh rata-rata jumlah putaran terbanyak.

“Tadi berhasil 4 putaran dengan durasi waktu yang ditentukan oleh pemandu,” ungkap dia.

Gunungkidul
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. (KH)

Dari puluhan peserta, setidaknya ada 4 pimpinan OPD dan jajaran di lingkup Sekretarian Daerah (Setda) diminta agar tak terlalu terforsir mengikuti berbagai gerakan sebagaimana instruksi pemandu. Sebab, saat tahapan persiapan diketahui tekanan darahnya di atas normal.

“Kegiatan sangat positif, saya diminta agar tak berlebihan memaksa fisik, kebetulan tadi tensi tinggi. Mungkin karena tidur larut malam,” kata Kepala Bagian Hukum dan HAM Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Gunungkidul, Miksan, SH.

Dia menilai kegiatan kesamaptaan patut dilaksanakan secara rutin. Tak hanya bagi pimpinan OPD, secara terjadwal bahkan perlu dilibatkan ASN di semua tingkatan. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar