Dinas Terjunkan Tim Pemantau Penyembelihan Hewan Kurban

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani—Sebanyak 160 petugas pemantau kegiatan penyembelihan hewan kurban akan diterjunkan dalam proses penyembelihan  hewan Qurban saat Idul Adha besok.
Selain memantau kesehatan hewan kurban, tim juga akan mengawasi teknik penyembelihan. Hal ini dilakukan agar hewan maupun cara penyembelihannya memenuhi persayaratan yang ditentukan agama.
Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul., Drh. Krisna Berlian mengungkapkan, ada 35 titik di Gunungkidul yang akan mendapatkan pengawasan. Dinas akan bekerja sama dengan Panitia hari Besar Islam (PHBI) untuk menentukan di mana titik pengawasan.
“Tim akan disebar di beberapa lokasi untuk memantau langsung proses penyembelihan hewan kurban. kita berkomitmen menjamin kesehatan  dan keamanan masyarakat dalam mengkonsumsi daging hewan kurban,” ucapnya.
Dia menjelaskan, Dinas Peternakan juga akan mendirikan beberapa posko kesehatan hewan. Bagi takmir masjid yang ingin mengetahui kesehatan daging kurban, dapat membawa contoh daging untuk diperiksa di laboratorium yang telah disiapkan.
“Selama daging kurban itu akan diberikan kepada masyarakat, kita tidak akan menarik biaya alias gratis,” tegasnya.
Krisna menambahakan, untuk memaksimalkan pengawasan pelaksanaan daging kurban, pihaknya akan dibantu oleh Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gajah Mada (UGM) sebanyak 40 orang.
Terkait antisipasi penyakit pada hewan, Krisna mengaku sudah melakukan pantauan di beberapa pasar hewan dan penampungan hewan kurban di Kecamatan Karangmojo dan Kecamatan Semanu.
“Dari hasil pantauan, hewan yang dijual dipasar rata-rata dalam kondisi sehat. Namun demikian masyarakat harus tetap waspada, terutama kepada penyakit yang bisa menjangkiti binatang, umpamanya Anthrax,” jelasnya.
Ia menghimbau kepada panitia penyembelih hewan kurban untuk tetap menjaga kesehatan hewan kurban saat penyembelihan. Selain itu, ia menyarankan hewan kurban yang akan disembelih pada pagi harinya, dipuasakan selama 12 jam karena itu akan berpengaruh pada cita rasa daging. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar