Desa Sawahan Unggulkan SID sambut Lomba Desa tahun 2017

oleh -
kawasan persawahan Desa Sawahan Ponjong. KH
iklan dispar
kawasan persawahan Desa Sawahan Ponjong. KH

PONJONG, (KH) — Dalam menyambut tim penilai lomba Desa 2017, Desa Sawahan berbenah danmelakukan sejumlah persiapan. Baik mengenai penyelenggaraan Pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. Salah satu unggulan yang ditonjolkan yakni operasionalisasi Sistem Informasi Desa (SID).

Hal tersebut disampaikan oleh Kades Desa Sawahan,  Suprapto,  (1/4/2017) ketika ditemui di kantor Balai Desa. Menurutnya, lomba desa merupakan sarana masing-masing elemen desa untuk bersinergi dan bergotong royong memajukan desa dari banyak segi.

“Menang kalah di lomba desa tidak menjadi tujuan utama. Akan tetapi saya berharap yang terbaik untuk Desa Sawahan. Unggulan kami SID yang menjadi piloting kabupaten serta no. 2 se- DIY setelah Dlingo, Bantul,” terang Suprapto.

Sambungnya, SID menjadi media untuk menjaring aspirasi masyarakat dan juga menjadi media komunikasi antara warga, Pemdes serta masyarakat yang berada di perantauan. “SID berupa web selama 9 bulan sejak di launching sudah dikunjungi sebanyak 125.000 pengunjung,” imbuh Suprapto.

Mengenai pembangunan sarana fisik, Desa Sawahan menitik beratkan pada pembangunan jembatan dan jalan akses pertanian. Selain itu Desa Sawahan yang sempat booming dengan batu mulianya, kini para pengrajin diarahkan untuk beralih ke kerajinan kayu yaitu meubelair yang dikombinasi dengan batu mulia sehingga menambah daya jual. Namun tetap melastarikan kerajian kayu dan batu.

Menjadi wakil dari Kecamatan Ponjong, tandas Suprapto, Desa Sawahan akan melakukan yang terbaik untuk memajukan masyarakat secara keseluruhan baik fisik maupun non fisik. (Hari)

Komentar

Komentar