Desa Banyusoca Akan Kembangkan Wisata Alam Perdesaan

oleh -
Desa Banyusoca. Foto: Atmaja.
iklan dispar
Desa Banyusoca. Foto: Atmaja.
Desa Banyusoca. Foto: Atmaja.

PLAYEN,(KH) — Desa Banyusoca Playen mulai berbenah dan menyiapkan paket wisata alam perdesaan. Desa ini justru mengandalkan situasi alami permukiman desa yang berada di kawasan perbukitan perbatasan Gunungkidul dan Bantul untuk menarik wisatawan yang ingin merasakan kehidupan di desa.

Permukiman yang berada di sekitar pegunungan justru dijadikan sebuah terobosan oleh desa maupun warga setempat. Terobosan tersebut berupa penggunaan rumah warga sebagai home stay bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana asri di desa. Juga terdapat beberapa paket kegiatan wisata tambahan seperti outbond, trakking dan seni budaya.

“Ketenangan dan kesejukan udara perdesaan juga menjadi modal penting untuk menarik wisatawan,” kata Kades Banyusoca, Sutiyono, Kamis (21/05/2015).

Ia menambahkan, langkah terobosan tersebut diharapkan mampu membuka lapangan kerja agar warga Banyusoca tidak perlu merantau keluar kota. “Kami akan melibatkan anak muda untuk ikut berpartisipasi dalam membangun desa menjadi desa yang lebih baik,” imbuhnya.

Sutiyono menjelaskan, saat ini tidak mudah untuk mencari sebuah pekerjaan terlebih ijazah SMA sudah tidak lagi laku untuk dipakai untuk melamar pekrjaan yang diharapkan.

“Dengan demikian, membuat lapangan pekerjaan di desa lebih efektif. Peran pemuda mampu aktif dalam membuat terobosan-terobosan kreatif,” pungkas Sutiyono. (Atmaja).

Komentar

Komentar