Dengan Festival Ketoprak Diharapkan ada Regenerasi Seniman Kethoprak

oleh -
festival ketoprak. Foto : KH/Dwianjani
iklan dispar
festival ketoprak. Foto : KH/Dwianjani
festival ketoprak. Foto : KH/Dwianjani

WONOSARI,(KH) — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunungkidul menggelar festival ketoprak yang diikuti 18 kecamatan. Festival dilaksanakan di Gedung Kesenian. Agenda yang digelar sejak Senin (19/10/2015) direncanakan berakhir pada Sabtu (24/10/2015) mendatang. Setiap kelompok kesenian nampak antusias mengikuti festival yang memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 20 juta ini.

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul, Ristu Raharja, menjelaskan, festival ini baru pertama kali digelar di Gunungkidul. Kendati sudah beberapa kecamatan konsisten dalam berlatih seni pentas ini selama bertahun-tahun, kali ini Dinas membuka kesempatan bagi kelompok berbakat untuk bisa memenangkan festival.

“Mereka berlatih sekitar 3 bulan dan kita beri juklak dan juknis dalam mengikuti festival,” ucapnya Rabu (21/10/2015).

Ristu berharap melalui festival tersebut ada regenerasi seniman-seniman ketoprak di Gunungkidul yang sebelumnya didominasi pemain berusia 50 tahun keatas. Ia mencantumkan syarat, bahwa pemain yang mengikuti lomba  berusia maksimal 40 tahun.

“Diperlukan adanya regenerasi dan keberlanjutan, nantinya,” imbuhnya lebih lanjut.

Setelah nantinya ditentukan satu kelompok pemenang, Ristu menjelaskan, kelompok tersebut akan mewakili Gunungkidul dalam festival ketoprak di tingkat provinsi.

“Tapi, juga kita cari bakat-bakat pemain dari kelompok lain, dan kita gunakan tambal sulam, agar nantinya yang mewakili Gunungkidul, adalah kelompok yang benar-benar baik,” pungkasnya. (Maria Dwianjani)

Komentar

Komentar