Danais 2016, Setiap SKPD Diminta Usulkan Kegiatan

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,kabarhandayani.—Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul terus mensosialisasikan pemanfaatan Dana Keistimewaan (Danais) kepada Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Gunungkidul.
Kepala Bappeda Gunungkidul Syarif Armunanto mengatakan, sosialisasi dilaksanakan karena pemanfaatan Danais pada tahun 2016 mendatang berbeda dengan tahun sebelumnya. Sesuai dengan Peraturan Gubernur DIY Nomor 37 Tahun 2014 tentang Danais, penggunaannya diperluas tidak hanya untuk seni dan budaya.
Untuk sosialisasi tahap pertama, SKPD diminta mengajukan usulan kewilayahan. Usulan paling lambat diserahkan ke Bappeda, Kamis (25/9). Pada Jumat (26/9) seluruh usulan yang masuk akan difinalisasi. Pada Senin (29/9) Tim dari Propinsi akan mengakses seluruh usulan dari Gunungkidul.
“Melalui peraturan ini, pemanfaatan Danais tentunya lebih luas. Tidak hanya dinas pariwisata dan kebudayaan, tetapi pemanfaatnya bisa dilaksanakan pada bidang kesehatan, infrastruktur dan juga pendidikan,” kata Syarif, Jumat (19/9/2014).
Syarif menjelaskan, pengajuan Danais mulai tahun 2016, tidak melalui lintas SKPD Kabupaten dengan SKPD Propinsi, melainkan satu pintu yakni Bupati dengan verifikasi Bappeda.
“Tidak seperti tahun sebelumnya, tahun 2016 pengajuan melalui satu pintu, yakni Bupati,” tambahnya.
Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunungkidul Saryanto mengungkapkan, pihaknya akan mengusulkan tiga Kawasan Geo Heritage pada pemanfaatan Danais tahun 2016.
“Kita akan mengusulkan tiga kawasan, yakni Pantai Wediombo-Siung, Kalingalang Kecamatan Gedangsari, dan Nglanggeran Patuk. kita prioritaskan untuk pembangunan infrastruktur,” ujar Saryanto. (Juju/Tty).

Komentar

Komentar