Cita Rasa Ndeso Gagasan Sekolah Pagesangan Mampu Berdayakan Warga Wintaos

oleh -
Pengunjung akan menikmati berbagai masakan tradisional (cita rasa ndeso). KH/ Kandar
iklan dispar
Pengunjung akan menikmati berbagai masakan tradisional (cita rasa ndeso). KH/ Kandar
Pengunjung akan menikmati berbagai masakan tradisional (cita rasa ndeso). KH/ Kandar

PANGGANG, (KH)— Acara “Memanggil Kembali Cita Rasa Ndeso” yang diadakan komunitas belajar Sekolah Pagesangan di Padukuhan Wintaos, Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang mampu berikan dampak terhadap ekonomi masyarakat setempat.

Meski belum signifikan, sentuhan yang dilakukan Sekolah Pagesangan dapat menjadi pemicu masyarakat untuk melakukan upaya meningkatkan pemberdayaan memanfaatkan potensi kuliner lokal/ Ndeso.

Salah satu warga yang ikut menjual olahan makanan lokal, Tugirah, mengaku mendapat tambahan penghasilan dari kegiatan tersebut. Pada acara bazar masakan tradisional itu ia menjual beberapa olahan aneka jajanan dari Ketela seperti Timus dan Tembro serta menyediakan masakan lainnya berupa pecel, nasi merah dan nasi jagung.

“Lumayan, tamu yang hadir dari luar kota ternyata berminat menikmati masakan Ndeso ini,” ujarnya disela melayani pembeli, Minggu, (8/5/2016).

Menurutnya, alangkah baiknya acara serupa lebih sering dilaksanakan, atau ada suatu upaya serta dukungan dari berbagai pihak sehingga bentuknya menjadi sebuah rutinitas atau malah menjadi suatu tempat pusat jajanan tradisional, layaknya pasar.

Fasilitator Sekolah Pagesangan, Diah Widuretno menyampaikan, melalui komunikasi antar komunitas dan penyebarluasan informasi mengenai acar yang digagas, tak kurang sekitar seratusan pengunjung hadir, baik dari lokal Gunungkidul, juga beberapa dari dalam dan luar DIY.

Sebelumnya ia mengajak warga untuk mempersiapkan berbagai bahan masakan menu tradisional, kemudian para tamu yang hadir dipersilahkan menyaksikan proses memasak serta kemudian menikmati berbagai olahan yang dikemas semacam bazaar itu.

“Ada ratusan ya, dari Jogja, Surabaya, semarang dan lainnya. Selain teman antar komunitas ada juga tamu umum,” terang Diah.

Ima, salah satu pengunjuing asal Yogya sengaja hadir tertarik dengan acara yang dikelar, sebelum pulang selain menikmati beberapa menu, ia juga menyempatkan membeli beberapa bahan sayuran untuk dimasak.

“Belanja cipir, kelapa, dan beberapa sayuran ini,” katanya lalu bergegas. (Kandar)

Komentar

Komentar