Cegah Maling, Warga Giatkan Ronda Siang

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Akibat banyaknya kasus pencurian, warga Padukuhan Bansari, Desa Kepek, Wonosari meningkatkan sistem keamanan lingkungan atau siskampling, Tidak hanya malam hari, tapi siskampling juga dilaksanakan siang hari.

Menurut Ketua RT 06, Padukuhan Bansari Djumari, Ronda siang dapat mempersempit kesempatan tindak kejahatan, selain itu peran serta masyarakat sangat membantu sekali untuk mengamankan lingkungan, dengan cara mengawasi lingkungan baik siang maupun malam.

“Beberapa kasus pencurian di wilayah ini terjadi siang hari, pencuri memanfaatkan waktu di mana banyak penghuni rumah yang bekerja,” kata Djumari, Jumat (20/6/2014).

Kapolsek Wonosari, Kompol Kuswanto sangat mendukung giat ronda siang yang dilakukan oleh warga, menurutnya menciptakan rasa aman dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dapat dimulai dari sekitar lingkungan sendiri. “Aman tidak lepas dari sejumlah perhatian tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda terhadap keamanan lingkungan,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun, ada sedikitnya 5 kali tindak kejahatan pencurian di wilayah tersebut, pencuri biasa melancarkan aksinya pada siang hari, akibatnya beberapa barang berharga seperti emas, laptop dan handphone serta uang raib dibawa pencuri.

“Ronda siang ini merupakan langkah pencegahan, setiap rumah kita letakan kenthongan, jika ada orang yang mencurigakan kentongan akan kita pukul untuk memberitahu warga,” kata Agung, salah satu warga. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar