Bupati Dendangkan Lagu Thiwul Gunungkidul

oleh -
Bupati Gunungkidul, Badingah ikut menyanyi. KH/ Sarwo.
kadhung tresno
Bupati Gunungkidul, Badingah ikut menyanyi. KH/ Sarwo.
Bupati Gunungkidul, Badingah ikut menyanyi. KH/ Sarwo.

WONOSARI, (KH)— Pembukaan Pentas Campursari Nonstop 90 jam, Sabtu, (21/5/2016), di alun-alun Wonosari meriah, bertabur bintang penyanyi Campursari, bahkan Jendral Purnawirawan Wiranto ikut menyumbangkan lagu Nyidamsari. Sedangkan Bupati Gunungkidul, Hj Badingah S Sos mendendangkan lagu Thiwul Gunungkidul duet dengan Cak Dikin, penyanyi dari Jakarta Nurhana menyanyikan lagu Sakit Rindu, penyanyi kondang Ratu Keroncong Waljinah, mengajak ribuan warga Gunungkidul yang memenuhi lapangan diajak Ngguyu dengan lagunya Ayo Ngguyu.

Masih ada lagi, Penyanyi  Anik Sunyahni mendendangkan lagu untuk warga lanjut usia, lagu Kutut Manggung yang dibumbuhi dengan lawakan Cak Dikin beserta keluarga besar Cs Sangga Buana dan Tita Arum Boyolali. Warga Gunungkidul dibuat tertawa oleh ulah Cak Dikin yang mengajak Sunyahni bercanda, usil membicarakan ketika berteman dengan Maestro Campursari Manthous.

Grup Campursari tuan rumah CSGK Pimpinan Yunianto didukung Suharjono, Minul cs tampil memukau dengan beberapa lagu ciptaan Manthous dan Harjono, kembali bergema. Lebih menarik lagi kehadiran Wha Win Laura (trio lawak), menghibur kawula muda yang masih memenuhi lapangan pemda Gunungkidul, tak lupa Cak Dikin dengan berkelakar membawa kardus, menyodorkan ke Pengurus IKG (Ikatan Keluarga Gunungkidul) yang hadir, usaha inipun berhasil menggaet uang jutaan rupiah.

Disisi lain pentas Campursari Nonstop 90 jam ini memberikan rejeki bagi kelompok pedagang Kuliner, demikin juga khusus karyawan Pemkab Gunungkidul mendapat hiburan sepanjang hari Sabtu-Rabu, sambil bekerja mereka mendengarkan Campursari.

Dalam acara tersebut Jendral Wiranto selaku penggemar seni, menyatakan salut dan terima kasih kepada Alm Manthous, membuat Campursari dikenal oleh warga Indonesia, bahkan sampai luar negeri, banyak yang menyukai Campursari. Seni ini juga berhasil mengangkat nama Gunungkidul, dan berimbas ke Obyek Wisata Gunungkidul yang kini menjadi daerah tujuan wisatawan berlibur.

Memberikan sambutan dalam acara spektakuler, Gubernur DIY yang diwakili oleh Asek, berikutnya dilanjutkan sambutan Utusan dari MURI dan Bupati Gunungkidul Hj Badingah S sos. Pada Kesempatan tersebut keluarga Alm Manthous mendapatkan taliasih dari Pemda Gunungkidul, atas jasa-jasanya memamjukan Gunungkidul lewat karya-karya Manthous, tali asih diterima istrinya Asih Kusumawati. (Sarwo)

Komentar

Komentar