BPBD Himbau Masyarakat Waspadai Pohon Tumbang

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,(KH) — Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan adanya pohon tumbang saat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Gunungkidul, terutama terhadap pohon perindang yang berada di sepanjang jalan Wonosari-Yogyakarta.

 

“Sejak beberapa bulan lalu upaya pengurangan kemungkinanan adanya pohon tumbang telah kita lakukan. Meski begitu, kita tetap menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terutama saat hujan yang disertai angin kencang”, kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sutaryono, Selasa (11/11/2014).

 

Di wilayah Gunungkidul banyak pohon perindang yang telah berumur tua. Pohon tersebut tersebar di jalan protokol di pusat kota Wonosari dan Jalan Wonosari-Yogyakarta terutama di kawasan hutan Bunder, Patuk. Di sana banyak pohon besar yang suatu saat bisa tumbang akibat umur pohon yang sudah tua.

 

“Di kawasan hutan Bunder banyak pohon tua yang suatu saat bisa tumbang. Kita berharap masyarakat berhati- hati saat melintas dan tetap mengutamakan keselamatan”, ungkap Sutaryono.

 

Berbagai faktor disinyalir menjadi akibat dari tumbangnya pohon-pohon besar itu. Menurut Sutaryono, biasanya pohon tumbang karena pohon sudah keropos di bagian dalam.  Selain itu, banyak terdapat akar yang terpotong akibat galian jalanan. “Ini yang paling bahaya”, kata dia.

 

Salah satu warga yang biasa melintas di Jalan Wonosari- Yogyakarta, Dhany Kusumawati mengaku khawatir jika pohon yang berada di kawasan hutan Bunder suatu saat roboh. “Masalahnya banyak ranting yang lapuk, tidak menutup kemungkinan akan jatuh”, ungkapnya.

 

Ia berharap, dinas terkait dapat segera melakukan upaya pencegahan agar pohon perindang yang telah berumur tua tidak memakan korban. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar