Bhabinkamtibmas Desa Pulutan Ikuti Penilaian Lomba Binmas Pioner Polda DIY

oleh -
Foto bersama usai penilaian Binmas Pioner tingkat Polda DIY. foto: ist.
iklan dispar

WONOSARI, (KH),– Bhabinkamtibmas Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Bripka Ratmoyo Aji mengikuti penilaian Lomba Binmas Pioner tingkat Polda DIY dalam rangka ulang tahun Bhayangkara ke 73 tahun 2019.

Bripka Ratmoyo Aji menjadi salah satu anggota Polri dari Polsek Wonosai yang diseleksi setelah berperan turut menginisiasi dan merealisasikan sistem pertanian mina padi di Desa Pulutan.

Dalam sambutan, Kasubdit Bhabinkamtibmas, AKBP Fajarini, SH, SIK, MH menyampaikan, tugas satuannya bertujuan untuk memberikan ilmu kepada bhabinkamtibmas meliputi pertanian, perikanan dan perkebunan.

“Program mina padi ini sebetulnya belum kami berikan pelatihan namun tidak menjadi permasalahan sebab bisa saja Bhabin sudah mempunyai ilmu dan terobosan tersendiri,” kata dia.

Pihaknya berharapa bhabin bisa mengembangkan potensi di desa binaanya sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Kami melatih dan membekali bhabin dengan ilmu sehingga potensi-potensi yang ada di wilayah tugasnya bisa dikembangkan,” imbuh AKBP Fajarini.

Sementara dalam paparan, bripka Ratmoyo Aji mengutarakan, bahwa Program kerja Bhabinkamtibmas yang sudah terlaksana tidak lepas dari dukungan Kades, Koramil dan warga serta instansi terkait.

“Sumber air bersih di Dusun Temu berkapasitas 48 liter/detik, volumenya cukup banyak. Dulu di tempat ini ditanami palawija saja,” ungkap Bripka Ratmoyo Aji.

Dengan adanya sawah untuk mina padi warga kemudian memunculkan dan membangun spot menarik rintisan destinasi wisata. Kawasan pinggir sawah seluas 8000 meter persegi itu kemudian banyak dikunjungi warga lokal saat sore hari.

“Target jangka panjangnya mengembangkan agro wisata mina padi,” tukas dia. (Kandar)

Komentar

Komentar