Bersamaan Reses, Anggota DPR RI Fraksi PKS Serahkan Bantuan ke Korban Musibah Angin Kencang

oleh -
Angin kencang
Penyerahan bantuan secara simbolis bagi korban terdampak bencana angin kencang. (KH)

GUNUNGKIDUL, (KH),— Anggota DPR RI Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dr. Sukamta menyerahkan bantuan ke korban terdampak musibah angin kencang di Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Jumat, (25/2/2022).

Penyerahan bantuan diserahkan bersamaan dengan kunjungan dalam rangka reses atau penjaringan aspirasi.

Dalam kesempatan penyerahan yang didampingi DPC PKS Gunungkidul, Sukamta berharap warga mampu segera recovery.

“Bencana serupa dan musibah lain semoga tak terjadi lagi. Dengan banyaknya simpati dari segenap komponen warga, lembaga, dan tentunya pemerintah semoga kondisi masyarakat menjadi lebih lebih baik,” harap Sukamta.

Pihaknya yakin dalam rangka pemulihan berbagai fasilitas yang rusak antara lain rumah, fasilitas pendidikan dan fasilitas lain, ada dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang bisa diakses.

Ditegaskan, pemerintah daerah atau dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tinggal mengikuti prosedur yang ada untuk mengakaes dana.

Bantuan berupa paket sembako serta dana guna perbaikan fasilitas pendidikan yang rusak diserahkan secara simbolis diterima Lurah Pacarejo, Suhadi.

Suhadi menginformasikan pendataan dampak kerusakan oleh pihak terkait hingga saat ini masih berlangsung. Prosesnya diklaim telah mencapai 80 persen.

“Data diupayakan betul-betul valid mengenai sejauhmana kerusakan yang terjadi. Sehingga anggaran guna recovery yang berasal dari pemerintah yang akan diterima warga sesuai dengan kerusakan yang dialami,” ungkap Suhadi.

Dia berharap bantuan penanganan korban utamanya kerusakan rumah diberikan dalam bentuk uang tunai. Menurutnya, bantuan berbentuk uang tunai lebih efektif.

Dia menambahkan, kerusakan bangunan rumah di 7 dusun di dua kalurahan secara umum terjadi pada bagian atap. Dengan masih berlangsungnya musim hujan, dia berharap agar realisasi bantuan secepat mungkin dilaksanakan.

Suhadi menambahkan, berdasar pendataan, ada 1.537 jiwa terdampak. Wilayah dusun terdampak cukup serius berada di Dusun Jonge dan Jelok di Kaurahan Pacarejo. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar