BBWS Tunggu Usulan Program dari Gunungkidul Soal Pemenuhan Air

oleh -
Kunjungan jajaran Pemkab Gunungkidul ke BBWS. (Humas Pemkab Gunungkidul)

YOGYAKARTA, (KH),– Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta, beserta tim melakukan kunjungan dan koordinasi dengan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak DIY, Senin (28/03/2021).

Kehadiran Sunaryanta bersama rombongan diterima langsung oleh Kepala BBWS), Dwi Purwantoro di ruang Serayu.

Dwi Purwantoro dalam sambutan menawarkan program pembangunan sarana dan prasarana air yang bisa dikolaborasikan dengan pemerintah Kabupaten Gunungkidul.

“Silahkan bisa diperbanyak usulan pembangunan embung dan Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH),” kata Dwi Purwantoro.

Pihaknya menawarkan opsi embung dan ABSAH sebagai upaya pemenuhan air bersih bagi masyarakat. Namun demikian, BBWS tetap menunggu usulan, sebab, jajaran di Pemkab Gunungkidul lebih paham mengenai apa yang dibutuhkan.

Dijelaskan, ABSAH merupakan infrastruktur penyediaan air baku mandiri dengan prinsip kerja menampung air hujan dalam tampungan yang disaring dengan media akuifer buatan.

“Selain ABSAH, di wilayah Gunungkidul juga dapat dibangun lebih banyak embung,” imbuh dia.

Kedepan, BBWS juga berencana akan melakukan kunjungan lapangan ke Gunungkidul guna memantapkan koordinasi.

Menanggapi Kepala BBWS Serayu Opak, Sunaryanta menyampaikan harapan, hasil koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dengan BBWS Serayu Opak kelak akan menelurkan program dalam hal penyediaan air baku di wilayah Gunungkidul.

“Saya bersyukur mendengarkan penawaran dari BBWS tadi,” kata Sunaryanta.

Kedepan pihaknya akan terus menjalin komunikasi bersinergi dalam mewujudkan pembangunan yang lebih baik demi kesejahteraan masyarakat.

“Saya bersama jajaran akan terus berjuang untuk kesejahteraan masyarakat. Dalam kunjungan saya bersama jajaran terkait agar program-program yang kami diskusikan hari ini dapat segera terealisasi,” tukasnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar