Banyak Wisatawan Masuk Pantai Yang Belum Buka, Dispar Bantah Beri Akses

oleh -
Kunjungan di kawasan pantai selatan di Gunungkidul. (foto:istimewa)

TANJUNGSARI, (KH),– Wisatawan yang masuk ke kawasan pantai di Gunungkidul pada Minggu, (5/7/2020) cukup banyak. Bahkan tidak sedikit wisatawan yang masuk ke pantai lain selain yang dibuka untuk uji coba.

Sebagaimana diketahui Dinas pariwisata (Dispar) Gunungkidul sementara ini baru melakukan uji coba pembukaan dua destinasi pantai, yakni Baron dan Kukup. Dikonfirmasi mengenai tingginya kunjungan serta masuknya wisatawan ke pantai selain Baron dan Kukup, Dispar membantah memberikan akses.

“Kami tidak buka yang lain, itu karena lolos ke pantai sebelah timur,” kata sekretaris Dispar Gunungkidul, Harry Sukmono ketika dihubungi melalui Whatsapp (WA), Minggu, (5/7/2020) petang.

Pihaknya menegaskan, tidak membuka dengan alasan untuk mengurangi kerumunan dan berjubelnya wisatawan di Baron dan Kukup.

“Kami hanya uji coba buka Baron dan Kukup dengan protocol kesehatan pencegahan COVID-19,” tandas Harry.

Dirinya menyebut, kunjungan memang tinggi di hari Minggu. Jumlahnya hingga siang menjelang sore tercatat mencapai 6.000-an wisatawan. Pihaknya mengakui di Pos retribusi petugas sempat kewalahan melayani hadirnya wisatawan. Sebagian wisatawan lantas meluber hingga ke Pantai Ngrawe. Drini dan Pulamg Sawal.

Sementara itu sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto mengungkapkan, banyak wisatawan yang hadir tak mengenakan masker. Untuk itu imbauan terus diberikan. Selain agar memakai masker, wisatawan diminta untuk jaga jarak.

Senada dengan Harry, dirinya juga menyebut kunjungan di Pantai Baron dan Kukup memang tinggi. Bahkan kawasan parkir pantai Kukup sempat penuh oleh kendaraan wisatawan. (Kandar)

Komentar

Komentar