Awal Puasa, Gunung Api Purba Sepi Pengunjung

oleh -
iklan dispar
PATUK, kabarhandayani.– Gunung Api Purba Nglanggeran yang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul yang biasanya dipadati wisatawan terlebih pada akhir pekan seperti hari Sabtu dan Minggu kini nampak sepi pengunjung.
Tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam di ketinggian ini mengalami penurunan jumlah wisatawan cukup drastis. Hal ini nampak terlihat dari tempat parkir yang biasanya sesak dipenuhi kendaraan roda dua dan empat kini nampak lenggang.
Sudadi (34), salah satu pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran yang sedang berada di ruang loket menjelaskan, penurunan jumlah wisatawan ini ada kaitannya dengan datangnya bulan puasa. “Gunung Api Purba ini kan wisata yang termasuk wisata pendakian atau tracking sehingga dimungkinkan para wisatawan enggan untuk mendaki di bulan puasa,” ungkapnya pada Minggu (29/6/2014).
Menurut data dalam buku pendaftaran yang dibacakan Sudadi, pengunjung di hari Sabtu kemarin hanya sekitar 264 orang. Sedangkan hari ini hanya berkisar 100 pengunjung. Padahal hari-hari biasanya, pengunjung dapat mencapai lebih dari 500 pengunjung seperti hari Minggu yang lalu pengunjung mencapai 1000 orang. Penurunan jumlah wisatawan ini berdampak pada pendapatan obyek wisata ini.
Para pengelola pun lebih banyak beraktivitas untuk melakukan pembenahan di area obyek wisata. Namun, Sudadi memprediksi akan ada lonjakan jumlah pengunjung ketika usai bulan puasa yakni setelah lebaran. “Kemungkinan akan ramai ketika lebaran nanti. Sedangkan untuk hari-hari puasa kita lebih pada melakukan pembenahan pada fasilitas-fasilitas di obyek wisata ini,” pungkasnya. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar