Atraksi Kesenian Daerah Sambut Wisatawan

oleh -
iklan dispar

PATUK, kabarhandayani.– Libur Lebaran ribuan wisatawan dapat dipastikan bakal menyerbu tempat-tempat wisata yang ada di Gunungkidul. Untuk menyambutnya, sejumlah destinasi wisata di Gunungkidul akan menggelar beragam kesenian daerah.
Diantaranya, Desa Wisata Nglanggeran yang terkenal dengan Gunung Api Purba Nglanggeran dan embung. Selain memanjakan mata pengunjung dengan keelokan panorama puncak gunung dan keindahan embung, pengunjung juga akan disambut dengan kesenian daerah yang ada di Desa Nglanggeran.
“Untuk menyambut wisatawan, kita akan menggelar kesenian daerah berupa penampilan kesenian jathilan dan orkes musik,” jelas Sugeng Handoko, pengelola Desa Wisata Nglanggeran pada Kamis (24/7/2014).
Lanjut Sugeng, kesenian calung yang juga merupakan bentuk kreatifitas para pengelola pun akan unjuk gigi untuk meramaikan destinasi pegunungan ini. Berbagai kesenian akan digelar pada (30/7/2014) yang bertempat di area Embung Nglanggeran, sedangkan khusus calung akan digelar berpindah-pindah antara embung dan area pendopo Kali Song.
Tidak jauh beda dengan Nglanggeran, Wirawisata Goa Pindul yang terkenal dengan susur sungai bawah tanah menggunakan pelampung atau cave tubing juga akan menyajikan berbagai kesenian lokal Desa Bejiharjo yang unik. Di lokasi sekretariat, akan ditampilkan kesenian gejok lesung, karawitan dan elekton.
Unjuk seni tradisional di sekretariat Wirawisata Goa Pindul akan berlangsung terus menerus mulai H+1 hingga kurun waktu satu minggu. “Selain sebagai suguhan bagi para pengunjung, atraksi kesenian merupakan upaya untuk pelestarian kesenian daerah,” tutur Haris Purnawan, Ketua Wirawisata Goa Pindul.
Hal yang sama juga dilakukan oleh pengelola destinasi wisata yang termasuk baru di Gunungkidul, Air terjun Lengkongsari. Sutarji, ketua Pokdarwis Jurug Taman Sari menjelaskan, akan digelar kesenian reog dan sulap untuk menghibur para pengunjung yang berlokasi di dekat air terjun pada (31/7/2014).
Selain ketiga tempat tersebut, dimungkinkan akan ada beberapa tempat wisata yang menyuguhkan penampilan-penampilan berupa kesenian daerah Gunungkidul. Termasuk wilayah pesisir yakni pantai-pantai yang ada di sepanjang wilayah selatan Gunungkidul. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar