Angin Kencang, Nelayan Enggan Melaut

oleh -
kadhung tresno

TANJUNGSARI, kabarhandayani.РSetelah fenomena gelombang tinggi surut, nelayan Pantai Baron kembali dipusingkan oleh fenomena alam lain. Kali ini, Kamis (24/7/2014)  angin kencang berganti mengganggu aktifitas penduduk pantai hingga membuat banyak nelayan enggan melaut mencari ikan.
Telah 2 hari terakhir ini angin kencang menghantam laut selatan yang dapat menyebabkan keselamatan nelayan terancam. Namun tak semua nelayan merasa takut dengan fenomena alam ini, meski hanya beberapa orang ada juga nelayan yang tetap melaut.
“Memang benar hari ini sebagian besar nelayan tidak melaut karena angin kencang. Tadi pagi cuma ada beberapa nelayan yang tetap melaut, setahu saya cuma 2 perahu,” ujar Saniyem, salah seorang pedagang ikan di Pantai Baron, Kamis (24/7/2014).
Saniyem melanjutkan, meski ada nelayan yang tetap melaut rata-rata penghasilan mereka juga kurang dari biasanya. Hal ini menyebabkan nelayan 
lain jadi semakin enggan melaut.
Pantauan KH di Pantai Baron, semua perahu tertata rapi di atas pasir yang terbebas dari abrasi beberapa hari lalu. Tak ada satupun nelayan yang ada di deretan perahu-perahu itu meski hanya sekedar menata jaring seperti biasanya.
Meski tak ada pasokan ikan yang cukup dari nelayan, stok ikan Saniyem dan beberapa pedagang ikan serta rumah makan tetap aman. Persedian mereka tetap dianggap mencukupi, dengan catatan cuaca ini tidak akan berlangsung lama.
“Tidak ada masalah, stok masih aman. Yang penting nelayan tidak lama-lama seperti ini agar Lebaran nanti stok tetap aman,” pungkas Saniyem. (Maryanto/Hfs)

Komentar

Komentar