Abrasi Aliran Sungai Potong Pasir Pantai Baron

oleh -
iklan dispar

TANJUNGSARI, kabarhandayani.– Terjangan gelombang tinggi yang terjadi pada deretan pantai di Gunungkidul pada pekan terakhir ini menyebabkan perubahan arah aliran sungai di Pantai Baron.
Aliran air sungai yang tadinya langsung menembus air laut ke arah selatan berubah memotong pasir pantai ke arah timur. Aliran air sungai kemudian belok ke arah selatan menuju laut tepat di pinggir tebing sebelah timur pantai.
Adanya aliran sungai yang melintang ini seakan menyebabkan pemisahan antara gelombang laut dengan air sungai. Hal ini dapat terlihat adanya gundukan pasir yang cukup luas tepat di tengah-tengah aliran air sungai dengan gelombang laut.
Aliran sungai yang baru ini ternyata ada efek positifnya. Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian pengunjung untuk berenang sehingga jauh lebih aman dari pada berenang di laut. Bahkan banyak anak-anak yang menggunakan ban pelampung untuk bermain mengikuti aliran air.
Pantauan KH pada Kamis, (24/7/2014), gelombang laut saat ini sudah normal kembali dan agakĀ  menjauh ke arah selatan. Tak seperti minggu yang lalu, air laut sempat membahayakan daratan hingga menyebabkan perahu nelayan harus dievakuasi ke area yang lebih aman.
Akibat abrasi, sebagian pasir pantai terbawa ombak ke laut dan ke arah sungai. Sisi positifnya, kedalaman air sungai menjadi lebih dangkal sehingga tidak membahayakan pengunjung yang berenang di sungai.
“Memang, air sungai sekarang menjadi lebih dangkal karena tertimbun pasir yang terbawa oleh ombak. Jadi pengunjung yang berenang di sungai menjadi lebih aman,” kata Marjono, ketua koordinator Tim SAR Wilayah II Pantai Baron.(Maryanto/Tty)

Komentar

Komentar