Arus Balik Macet di Gading, Polisi Mengurai Kemacetan

oleh -
Petugas di pertigaan Gading. Foto : Sarwo
kadhung tresno
Petugas di pertigaan Gading. Foto : Sarwo
Petugas di pertigaan Gading. Foto : Sarwo

PLAYEN, (KH) — Dalam tiga puluh menit KH mencatat arus lalu lintas di simpang tiga Gading Kecamatan Playen tercatat ada 613 kendaraan yang melalui menuju Wonosari. Jumlah tersebut belum termasuk arus lalu lintas yang pulang dari arah Wonosari.

Dengan dibantu beberapa calon penumpang di simpang tiga Gading, mendapatkan catatan mobil Avanza (120), Zenia (95) Bus Besar (58), Bus kecil (63), Sedan (42), Kijang (55) Truk (22) dan sepeda  motor 158. Total dalam 30 menit ada 613 kendaraan.

Catatan ringan tersebut menunjukkan arus lalu-lintas dari luar daerah yang masuk ke Gunungkidul cukup ramai pada pagi dan siang hari. Pada jam 14.00 arus kendaraan yang meninggalkan Gunungkidul, mulai macet, terutama di mana ada lampu pengatur lalu lintas (Bangjo), semua jenis kendaraan macet. Kemacetan tidak lama, tetapi membuat waktu perjalanan di jalan menjadi lebih lama.

Sukino (40) warga Banaran Playen menjemput anaknya di simpang tiga Gading. Lewat HP putranya menginformasikan sudah naik Bus. Ditunggu hampir 2 jam belum sampai di Gading. Baru sampai setelah 2 jam 20 menit. Keterlambatan anaknya dikarenakan jalan Jogja – Wonosari padat merayap dan sering macet. Hal tersebut diperkuat 3 warga  Jogja, masing-masing Samirah, Marsini dan Mugiyanti yang istirahat di simpang tiga Gading, merasa penat mengarungi arus lalu lintas. Kepada  KH mereka bertiga menyatakan arus lalu-lintas padat dan sering macet. Setelah agak enak badan, mereka melanjutkan perjalanan ke tempat saudaranya di Playen yang sedang punya hajat nyewu.

Sekitar jam 15.00. ada petugas polisi dari Polsek Playen yang membantu mengurai kemacetan, sehingga arus dari arah Wonosari ke Jogja tidak semrawut dan lancar. Demikian pula arus dari arah Playen ke Jogja menjadi tertib. Menunggu lampu hijau menyala baru berjalan. Sebelum ada polisi ada yang menerobos lampu merah. Tetapi berkat kesabaran pemakai jalan, tidak ada hambatan dan tidak terjadi kecelakaan.

Arus balik wisata Pantai maupun Air Terjun Sri Getuk Nampak lebih meningkat. Sabtu (16/05) wisatawan memanfaatkan hari libur, Minggu 17/05 masih akan ramai berdasarkan laporan biro jasa beberapa rumah makan yang sudah dipesan untuk menyiapkan makan siang di obyek wisata. (Sarwo)

Komentar

Komentar