Aksi Cabut Paku, 4 Kilogram Paku Terkumpul

oleh -

WONOSARI,(KH).– Sedikitnya empat kilogram paku terkumpul dalam aksi cabut paku di pohon perindang jalan protokol yang digelar oleh jajaran Kodim 0730 Gunungkidul bersama jajaran Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Jumat (7/11/2014) pagi.

Giat yang melibatkan 320 personil ini diikuti oleh anggota TNI dan PNS Kodim 0730 Gunungkidul yang berjumlah  273 personil, sedangkan sisanya berasal dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pekerjaan Umum, serta Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunungkidul.

Dengan berbekal alat seperti linggis, tang dan catut, ratusan anggota TNI dan PNS Gunungkidul menyusuri tiga ruas jalan. Mereka dibagi tiga kelompok lalu mulai mencabuti paku yang menempel di pohon sepanjang Jalan Ksatria, Jalan Pramuka dan Jalan protokol depan Rumah Dinas Wakil Bupati Gunungkidul.

Pasiter Kodim 0730 Kapten Infantri Agus mengatakan, aksi cabut paku ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan memberi contoh kepada warga agar ikut menjaga lingkungan dengan tidak menancapkan paku ke pohon. Selain itu, giat ini merupakan perintah dan program dari Panglima Kodam IV/ Diponegoro dan Danrem 072/PMK.

“Pohon ini memiliki banyak fungsi, selain dapat mengurangi pemanasan global, pohon juga merupakan makhluk hidup yang dapat menjaga kebutuhan¬† CO2 dan H2O yang sanggat kita perlukan. Tujuan lainya agar pohon yang ada di sekitar kita bisa kita manfaatkan sepanjang masa,” jelasnya.

Dari aksi cabut paku yang dilakukan kurang lebih tiga jam, sedikitnya empat kilogram paku berbagai ukuran berhasil dikumpulkan. Rencanya program ini akan dilaksanakan rutin untuk menjaga pohon yang dapat menjadi perindang tersebut rusak akibat ulah tangan yang tidak bertanggung jawab.

Dalam kesempatan ini, jajaran TNI dan PNS juga memberikan arahan kepada masyarakar untuk pemasangan panflet atau pun baleho yang berada si pohon dengan tidak menggunakan paku melainkan dapat menggunakan kawat. “Pemasangan baleho dipohon dapat diganti dengan mengikat menggunakan kawat,” tambah Agus. (Juju/Bara).

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar