41.571 Warga Gunungkidul Kembali Terima BST

oleh -
ilustrasi. (sumber: internet)
kadhung tresno

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sebanyak 41.571 warga Gunungkidul kembali menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Menurut Kabid Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogo, penyaluran dilakukan dengan dua skema, yakni ditransfer melalui rekening penerima dan melalui Kantor Pos.

“5.437 penerima BST melalui rekening bank. Sedangkan 36.134 melalui Kantor Pos,” rinci dia melalui sambungan telepon, Rabu (26/08/2020).

Pada tahan 2 penyaluran BST ini jumlah yang diterima berbeda dengan tahap pertama. Kali ini warga akan menerima masing-masing Rp 300.000 tiap bulan. Sehingga penerima akan mendapat BST Rp 600.000 untuk Bulan Juli-Agustus.

Untuk penyaluran melalui Kantor Pos, sambung Hadi, akan dilaksanakan di masing-masing kalurahan. Pelaksanaannya tentu akan menaati protokol kesehatan penanggulangan COVID-19.

Sebelumnya secara terpisah, Kepala Bappeda Gunungkidul, Sri Suhartanta mengungkapkan, ada 9 jenis bantuan yang dikucurkan akibat pandemi COVID-19. Selain dari pusat, bantuan sosial berasal dari Pemda DIY dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Diantaranya dari APBN, ABPD, hingga APBDes.

Koordinasi dengan dinas terkait terus dilakukan untuk memastikan setiap keluarga hanya menerima 1 jenis bantuan. (Kandar)

Komentar

Komentar