Warga Desa Hargomulyo Membantu Proses Evakuasi Longsor

oleh -
Warga gotong royong. Foto : Atmaja
iklan dispar
Warga gotong royong. Foto : Atmaja
Warga gotong royong. Foto : Atmaja

GEDANGSARI, (KH) — Warga Desa Hargomulyo membantu proses evakuasi longsor yang menimpa rumah Sutrisno (50) warga Padukuhan Suruh, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari. Rasa empati warga Desa Hargomulyo terlihat ketika mereka melakukan gotong royong untuk membantu proses evakuasi dan membersihkan sisa-sisa terjangan longsor.

Longsor yang menerjang rumah Sutrisno pada pukul 17.00 wib hari Rabu (11/02/2015) yang lalu mengakibatkan rumah Sutrisno rata dengan tanah. Puing-puing sisa longsor baru bisa dibersihkan warga pada hari ini, Kamis (12/02/2015).

Salah satu warga Padukuhan Pace A, Desa Hargomulyo, Warto (57) mengatakan warga yang datang tanpa diundang, maupun himbauan dari perangkat Desa. Warga datang dengan kesadaran dan kepedulian terhadap sesama.

“Kami ikut merasakan prihatin dengan korban, bantuan yang bisa kami berikan hanya berupa tenaga. Warga juga siap membantu hingga proses evakuasi selesai,” katanya saat melakukan kerja bakti bersama.

Baik laki-laki dan perempuan berbaur bersama untuk membantu korban longsor. Terlihat Ibu-ibu mengerjakan pekerjaan ringan seperti menyapu dan membuat air. Sedangkan Bapak-bapak melakukan proses evakuasi dengan menebang pohon maupun membersihkan puing-puing sisa dari rumah Sutrisno.

Proses evakuasi juga dibantu oleh Tagana dan anggota BPBD Kabupaten Gunungkidul yang dibagi menjadi beberapa kelompok. “Bantuan evakuasi kita bagi menjadi 5 kelompok, karena pada waktu yang bersamaan juga terjadi longsor di tempat berbeda,” ucap Budiharjo selaku Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul.

Ia menambahkan, rasa empati warga Desa Hargomulyo sangat baik. Mereka mau meluangkan waktu untuk membantu sesama.
“Gotong-royong yang dilakukan oleh warg Desa Hargomulyo sangat berarti dan membantu dalam mempercepat proses evakuasi,” tandasnya. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar