Wakil Gunungkidul Juara II Lomba Bercerita Wayang DIY

oleh -
iklan dispar

YOGYAKARTA, kabarhandayani,– Salah satu peserta yang mewakili Kabupaten Gunungkidul dalam Lomba Bercerita Wayang SD/MI se-DIY Tahun 2014 berhasil meraih prestasi. Gymna Cahyo Nugroho (foto: memakai surjan merah) yang tercatat sebagai siswa SD Al Mujahidin Wonosari meraih Juara II dalam Grand Final Lomba Bercerita Wayang tingkat SD/MI se-DIY.
Lomba yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY ini berlangsung pada hari Selasa (2/9/2014) di Aula BPAD Jl Tentara Rakyat Mataram No 29 Yogyakarta. Setiap kontingen dari masing-masing kabupaten/kota se-DIY diwakili oleh 3 peserta lomba. Namun karena Kabupaten Kulonprogo tidak mengirimkan wakil, maka peserta yang mengikuti lomba hanya berjumlah 12 peserta.
R Bambang N SSn salah satu Tim Yuri mengatakan, bahwa kegiatan semacam ini sebagai sarana untuk melestarikan budaya wayang yang adiluhung. Selain itu juga untuk meningkatkan minat anak anak usia Sekolah Dasar untuk mencintai budaya jawa terutama wayang.
Dari 12 peserta yang tampil, semuanya menunjukkan keahlian bercerita dengan gaya khas anak SD. Kadangkala polah tingkah peserta didalam bercerita mengundang tawa dari para hadirin yang memenuhi Aula BPAD DIY.
Setelah kedua belas peserta menunjukkan keahliannya bercerita, Tim Yuri yang terdiri dari Gandes Y, R Bambang N SSn, Bambang Resi, Catur Wibono dan Y Lilik Subiyanto mengadakan sidang dan mengumumkan hasil lomba yang berhadiah total hadiah sebesar 10 juta Rupiah tersebut.
Sebelum Tim Yuri mengumumkan hasil lomba, dalam kesempatan ini disampaikan evaluasi kepada seluruh peserta. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan bercerita. Evaluasi ini menyangkut tentang isi cerita, penguasaan cerita, properti yang harus sesuai dengan cerita dan pengetahuan alur cerita.
Hasil Lomba Bercerita Wayang tersebut selengkapnya adalah sebagai berikut: Juara I Bonafisius Hardo Priyo Widodo dari SD Model Sleman dengan nilai 1210, Juara II Gymna Cahyo Nugroho dari SD Al Mujahidin Wonosari  Gunungkidul dengan nilai 1200, Juara III Rafael Raga Budi Panuntun dari SD Kanisius Minggir Sleman dengan nilai 1155, Juara Harapan I Najma Previa Jati dari SD Muhamadiyah Sapen Yogyakarta dengan nilai 1140, dan Juara Harapan II R Muhammad Fajar Dwi Arintio dari SD Gedongkiwo Yogyakarta dengan nilai 1125. (BaRa/Jjw).

Komentar

Komentar