Vaksinasi Digelar di Kawasan Wisata Religi Gua Maria Tritis

oleh -
vaksinasi
Vaksinasi di Gua Maria Tritis. (KH)

PALIYAN, (KH),– Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mengejar target vaksinasi. Sesuai instruksi pemerintah pusat, vaksinasi terus digalakkan untuk mencapai Herd Imunity, dengan capaian target harus lebih dari 70 persen masyarakat tersasar.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul yakni dengan menggelar vaksinasi masal di obyek obyek wisata. Agenda ini dilaksnakan dinas terkait bekerja sama dengan para pengelola wisata.

Kamis pagi (22/1/2021), Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menghadiri vaksinasi masal yang dilaksanakan di kawasan Wisata Religi, Gua Maria Tritis yang terletak di Padukuhan Bulu, Kalurahan Giring, Kapanewon Paliyan, Gunungkidul.

Vaksinasi yang dimulai pukul 09.00WIB ini menyasar puluhan pelaku wisata serta masyarakat sekitar. Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah jenis Sinovac

Dalam kesempatan ini, Sunaryanta menyatakan bahwa vaksinasi yang dilaksanakan di tempat wisata sekaligus peribadatan ini merupakan salah satu upaya memudahkan masyarakat terlayani program vaksinasi.

“Kawasan wisata sangat rentan terhadap penyebaran Covid19, karena wisatawan yang datang banyak dari luar daerah, dengan upaya ini, semoga masyarakat dan pelaku wisata dan masyarakat bisa terlindungi,” terang Sunaryanta dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini Gunungkidul memang sedang mengejar target vaksinasi karena prosentase capaiannya masih jauh dari target.

“Saat ini kita baru mencapai 26 persen lebih, dari target 70 persen, walau masih jauh, tapi angka perkembangannya baik. Dengan cara-cara seperti ini semoga target segera terkejar, dan Herd Imunity masyarakat Gunungkidul segera terbentuk,” lanjutnya.

Bupati melanjutkan, sasaran target dari pemerintah pusat memang saat ini sudah ditambah, tidak hanya petugas Nakes, Lansia dan pelayan publik, tapi vaksinasi juga harus menyasar usia remaja dan pelajar.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, pihaknya terus mendorong upaya percepatan vaksinasi di Gunungkidul.

“Vaksinasi di tempat wisata religi ini merupakan langkah yang bagus, masyarakat yang jauh dari Puskesmas akan sangat terbantu, sehingga target vaksinasi dapat tercapai,” katanya.

Endah juga menyebut, bahwa Goa Maria Tritis biasanya memang banyak dikunjungi oleh umat Katolik dari seluruh daerah. Ke depan tempat ini bisa dijadikan ikon wisata Religi, sehingga sudah sesuai dengan visi misi Bupati, yakni Gunungkidul menjadikan salah satu tujuan wisata terkemuka di kancah Internasional. (Edi Padmo)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar