Undhuh-undhuh Ikan Telaga Serpeng Dinikmati Semua Warga

oleh -
iklan dispar

SEMANU, kabarhandayani.– Ribuan warga Padukuhan Serpeng Desa Pacarejo Kecamatan Semanu hari ini, Minggu (8/6/2014) panen ikan di Telaga Serpeng. Undhuh-undhuh ikan dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga sekitar pukul 10.00 WIB yang diikuti dari anak kecil hingga orang tua.

Panenan ikan ini tidak hanya diikuti oleh warga setempat, namun juga banyak yang berdatangan dari desa lain bahkan ada yang dari Kecamatan Playen. Sejak dimulainya acara, warga terlihat begitu antusias dan senang menggerakkan jaring yang mereka susurkan di dasar telaga. Ketika yang tersangkut di jaring mereka cuma lumpur dan sampah, teriakan dan tawa lepas terdengar di segala arah membuat suasana semakin meriah.

Widodo, salah seorang warga Desa Siyono, Kecamatan Playen yang turut berpartisipasi menuturkan undhuh-undhuh ikan di telaga seperti ini dapat meningkatkan kerukunan warga meskipun hasil ikan yang didapatkan tak seberapa.

“Kalau hasilnya tak seberapa, yang penting semua warga merasakan senang dengan kegiatan ini sehingga terlihat tak ada kesenjangan antar warga. Ikan sebenarnya masih banyak tapi karena air masih terlalu banyak jadi sulit ditangkap,” ujar Widodo.

Sementara Murtini salah seorang warga Padukuhan Pacing, Desa Pacarejo mengungkapkan ikan yang ia dapatkan hanya ikan-ikan yang masih kecil. Tapi menurutnya, hal ini dilakukannya karena ingin ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini saja.

“Kecil-kecil dapatnya. Mungkin karena kemarin sudah dibuka untuk pemancingan jadi tinggal yang kecil saja yang tersisa,” katanya.

Undhuh-undhuh ikan ini memang dibuka untuk umum, jadi bukan hanya Padukuhan Serpeng saja yang boleh menangkap ikan namun semua warga dari desa manapun boleh mengadu keburuntungan di telaga ini, “Tidak harus warga Serpeng yang boleh, hari ini semua orang boleh nangkap ikan gratis di sini,” pungkas Murtini. (Sumaryanto/Jjw).

Komentar

Komentar