Ujian Nasional, Havil Takut Tak Bisa Login

oleh -
Pelaksanaan UN berbasis komputer di SMAN 1 Wonosari. Foto: Juju.
iklan dispar
Pelaksanaan UN berbasis komputer di SMAN 1 Wonosari. Foto: Juju.
Pelaksanaan UN berbasis komputer di SMAN 1 Wonosari. Foto: Juju.

WONOSARI,(KH)— Ujian Nasional (UN) dengan Computer Base Test (CBT) menimbulkan kekhawatiran di kalangan pelajar. Tak sedikit para siswa takut untuk melaksanakan ujian tersebut karena beberapa alasan teknis.

Havil Wintas, siswa SMA N 1 Wonosari contohnya, dia mengaku masih canggung dalam mengikuti UN berbasis computer ini. Siswa kelas XII IPA II ini mengaku canggung, karena belum terbiasa. Ketakutan juga dikuatkan dengan adanya trouble saat digelar try-out beberapa waktu lalu.

“Kemarin saat try-out sempat mati lampu, sempat ada soal yang tidak bisa terlihat dan yang paling menakutkan tidak bisa bisa login saat akan mengerjakan soal,” katanya sebelum mengikuti UN hari pertama, Senin (13/4/2015).

Pantauan di SMAN 1 Wonosari, tidak ada kendala dalam pelaksanaan UN CBT hari pertama. Di sekolah tersebut ada 3 ruang ruang CBT yang digunakan. Pelaskanaan sendiri di bagi menjadi tiga tahap. Untuk tahap pertama dilaksanakan pukul 07.30-09.30. Tahap kedua 10.30-12.30 dan tahap ketiga 14.00-16.00 WIB.

Sementara Kepala Sekolah SMA N 1 Wonosari Drs Tamsir mengatakan, ada 210 siswa yang mengikuti UN berbasis komputer. Untuk mengantisipasi trouble saat melaksanakan, pihaknya sudah menyiapkan komputer cadangan dan genset jika terjadi pemadaman listrik.

“Ada 20 komputer cadangan yang kita siapkan, jika terjadi troubel langsung kita ganti,” katanya.

Terpisah petugas pemantau dari Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Wasito mengatakan, SMA N 1 Wonosari merupakan salah satu SMA di Yogyakarta yang menggelar UN menggunakan sistem komputer.

“Kesiapan SMA N 1 Wonosari bagus, selama kita lakukan pengecekan tidak ada kendala. Saya optimis pelaksanaan akan lancar karena sekolah ini mantan sekolah RSBI,” paparnya. (Juju)

Komentar

Komentar