Uji Coba Buka Paling Awal, Destinasi Wisata Kali Suci Masih Sepi

oleh -
Suasana pintu masuk destinasi wisata Kali Suci. (KH)
iklan-idul-fitri-smkn3-wno

GUNUNGKIDUL, (KH),— Destinasi wisata minat khusus susur sungai bawah tanah Gua Kali Suci masih sepi wisatawan ketika diuji coba buka, Senin, (22/6/2020).

Koordinator Pokdarwis Kalisuci, Winarto mengungkapkan, beberapa hari belakangan ini beberapa wisatawan baru menanyakan hendak melakukan reservasi.

“Biasanya akan ramai saat akhir pekan. Sama dengan ketika belum ada wabah COVID-19,” kata dia.

iklan kejari

Destinasi ini mennjadi yang pertama dibuka untuk dikunjungi wisatawan semenjak wabah COVID-19 merebak. Uji coba tersebut dilakukan sesuai arahan Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Selama uji coba hingga 30 Juni mendatang, pihaknya melakukan pembatasan jumlah pengunjung. Pembatasan atau pengurangan pengunjung dengan tujuan agar tetap dapat menerapkan physical distancing mencapai lebih dari 50 persen dari sebelumnya.

“Biasanya dalam sehari mencapai 250 pengunjung, saat ini dalam sehari maksimal 100 pengunjung saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti mengungkapkan, Cave Tubing Kali Suci dipilih menjadi salah satu destinasi yang diuji coba buka karena dinilai memiliki fasilitas yang memadai untuk menjalankan protokol kesehatan selama berlangsungnya aktivitas pariwisata.

Destinasi wisata di Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu ini telah memiliki fasilitas cuci tangan, ruang sterilisasi perlengkapan susur sungai, serta perlengkapan face shield. Di luar itu SDM pemandu dan kru Pokdarwis juga telah membekali diri dengan pengetahuan terkait pelayanan dengan penerapan protokol kesehatan.

Pihaknya merencanakan akan membuka destinasi wisata pantai dalam tahap uji coba buka pada 24 Juni mendatang. Ada dua pantai yang disiapkan, yakni Baron dan Kukup. (Kandar)

hut gk kh

Komentar

Komentar