UGK Bersama Dua Kementerian Rintis Desa Genjahan Jadi Desa Wisata

oleh -
FGD dalam upaya merintis Desa Genjahan menjadi Desa Wisata. (KH/ist)
iklan hut ri multazam

PONJONG, (KH),– Universitas Gunungkidul bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) melakukan pendampingan terhadap Desa Genjahan di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. Pendampingan yang dijalankan yakni program Rintisan DesaWisata.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Gunungkidul, Septiono Eko Bawono, S.T., M.Sc., M.Eng., mengatakan, pendampingan rintisan desa wisata merupakan upaya untuk memajukan pariwisata wilayah perdesaan.

“Cita-cita dari program ini antara lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjamin terciptanya kerjasama antar institusi,” kata Septiono usai menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Balai Desa Genjahan sebagai langkah awal pendampingan, Senin, (2/3/2020).

Dijelaskan, UGK selaku institusi pendidikan tinggi bersinergi dengan dua kementerian bertindak sebagai pendamping dalam penerapan program rintisan desa wisata.

Konsep program rintisan One Stop Wisata Desa Genjahan, sambung dia, memiiki target antara lain menciptakan kelembagaan yang kredibel, terbangunnya desa ekowisata, tersedianya paket-paket wisata yang mampu bersaing, dan tercapainya peningkatan jumlah pengunjung.

FGD yang digelar merupakan langkah awal. Dalam FGD tim UGK bersama perangkat desa Genjahan menggali potensi-potensi yang ada wilayah Desa Genjahan.

Masing-masing padukuhan memaparkan potensi apa saja yang ada baik yang belum maupun yang telah dikembangkan secara mandiri. Hasil analisis terhadap potensi tersebut selanjutnya akan dijadikan sebagai dasar dalam penentuan jenis usaha yang akan dikembangkan dalam kerangka konsep One Stop  Wisata Desa Genjahan.

Guna menjaga ritme koordinasi antar kedua belah pihak, selanjutnya akan diadakan FGD lanjutan dengan agenda penentuan jenis usaha wisata yang akan dikembangkan dalam kerangka konsep One Stop  Wisata Desa Genjahan.

Kepala Desa Genjahan, Agung Nugroho, SE menegaskan, pihaknya menyambut baik pendampingan desa wisata oleh UGK, Kemenpar dan Kemendes. Dia berharap dengan adanya pendampingan ini bisa mewujudkan desa Genjahan yang makmur, maju dan sejahtera. (Kandar)

Komentar

Komentar