UAD Latih Guru TK Manfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Anak

oleh -1541 Dilihat
oleh
uad
UAD latih guru TK ABA di Kapanewon Girisubo manfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar siswa. (ist)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar pelatihan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa Taman Kanak-kanak (TK) Selasa (20/9) lalu. Pelatihan diikuti guru TK Aisyiah Bustanul Atfhal (ABA) di Kepanewon Girisubo, Gunungkidul.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Purwanti Pratiwi Purbosari menyampaikan bahwa belajar tidak hanya terbatas pada proses transfer informasi dari guru kepada siswa. Namun, siswa juga dapat belajar dari lingkungan di sekitarnya. Lingkungan alam di sekitar sekolah dapat berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa sehingga siswa akan lebih mengenali lingkungannya.

“Keragaman kondisi lingkungan di daerah kapanewon Girisubo berpotensi dimanfaatkan sebagai sumber belajar, khususnya bagi siswa Taman Kanak-kanak (TK) yang tahap perkembangannya membutuhkan suatu objek yang konkrit (nyata),” kata Purwanti.

Dalam pelatihan dia menyampaikan materi pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Sementara rekannya, Etika Dyah Puspitasrai menggelar praktek percobaan sains sederhana dengan memanfaatkan alat dan bahan yang ada di lingkungan sekolah.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa serta pemanfaatan alat dan bahan sederhana di lingkungan dalam percobaan sains sederhana,” harap dia.

Guru-guru dari sepuluh TK ABA se-Kepanewon Girisubo mengikuti kegiatan pelatihan dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan. Selain diikuti oleh guru-guru, pelatihan juga dihadiri oleh Pimpinan Cabang Aisyiah Kapanewon Girisubo, Siti Sobarinah serta dihadiri Pengawas TK Kepanewon Girisubo, Mashudi.

Purwanti menambahkan, pelatihan dan pendampingan dilakukan secara intens. Dengan begitu dia yakin kelak kemampuan guru-guru TK peserta pelatihan mampu mempraktekkan hasil pelatihan pada kegiatan pembelajaran. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar