TMMD 106: Bangun Cor Rabat Beton Di Desa Girisekar Sepanjang 1.365 Meter

oleh -
Penutupan TMMD ke 106 tahap III di Kecamatan Panggang. (ist)
iklan hut ri multazam

PANGGANG, (KH),– Setidaknya dana sebanyak Rp. 300 juta telah direalisasikan dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke-106 Tahap III Tahun Anggaran 2019 oleh Kodim 0730/Gunungkidul.

Upacara penutupan TMMD dilaksanakan di Dusun Blimbing Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Kamis, (31/10/2019). Dandim 0730/GK, Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto SH., menyampaikan, TMMD Sengkuyung Ke-106 mengambil tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat”.

“Makna yang terkandung dari tema tersebut yakni TNI bersama dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto.

Ditambahkan, operasi bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai wujud salah satunya Program TMMD. TMMD merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian/ Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang mensinergikan program masing-masing instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah-daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat dengan kriteria sasaran berupa daerah pedesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal/miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan TMMD sengkuyung Ke-106 baik secara moril maupun materiil, sehingga dapat terselenggara dengan baik, aman dan lancar sesuai dengan harapan kita bersama,” ujar Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto.

Sementara itu, Pasi Ter Kodim 0730/GK, Kapten Inf Agus Rahmad Widodo melaporkan, TMMD direalisasikan dalam dua sasaran, fisik dan non fisik. Sumber dana berasal dari APBD DIY sebanyak Rp. 75.000.000 dan APBD Kabupaten Gunungkidul Rp. 225.000.000.

Sasaran fisik rinciannya; cor rabat beton dengan panjang 310 meter di Dusun Bali Desa Girisekar, 275 meter di Dusun Sawah, 250 meter di Dusun Jeruken, 210 meter di Dusun Mendak, 100 meter di Dusun Pijenan, dan 220 meter di Dusun Warak.

Sementara untuk sasaran non fisik dilaksanakan pada tanggal 2 hingga 31 Oktober 2019 bertempat di Balai Desa Girisekar berupa penyampaian wawasan kebangsaan dan bela negara dari Kodim 0730/GK, penyuluhan bahaya narkoba dari Polres Gunungkidul, penyuluhan kamtibmas, terorisme dan radikalisme dari Polres dan Kodim 0730/GK, serta materi kesehatan dari Klinik Kartika Denkesyah 04.04.02 PPK I TNI AD Kodim 0730/GK.

“Dilaksanakan pula pelatihan ketrampilan PKK dari Persit Kartika Candra Kirana Cab. XXXI. Kodim 0730/GK,” papar Kapten Inf Agus Rahmad Widodo.

Usai upacara penutupan TMMD Sengkuyung Ke 106 Tahap III dilanjutkan pengecekan lokasi dan pemotongan pita sebagai tanda diresmikan hasil TMMD oleh Bupati Gunungkidul, Badingah, Sos. (Kandar)

Komentar

Komentar