The Jupiter Dan Grob Menjadi Icon HUT Ke- 71 TNI AU

oleh -
Presiden RI Ir. Joko Wododo dan Ny. Iriana Joko Wododo, bersama Kasau Marskal TNI Hadi Tjahyanto, foto bersama dengan seluruh penerbang yang terlibat demo udara pada HUT ke 71 TNI AU.
iklan dispar
Presiden RI Ir. Joko Wododo dan Ny. Iriana Joko Wododo, bersama Kasau Marskal TNI Hadi Tjahyanto, foto bersama dengan seluruh penerbang yang terlibat demo udara pada HUT ke 71 TNI AU.

JAKARTA, (KH)— Sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia tentang eksistensi The Jupiter atau dikenal dengan sebutan Jupiter Aerobatik Team (JAT). Salah satu kebanggaan Bangsa Indonesia dibidang dirgantara. Belum lama ini berhasil mengukir  prestasi baik event berskala Nasional maupun Internasional, sebelum tampil di HUT TNI AU Ke- 71 di Halim Perdana Kusuma, telah sukses pada event dua tahunanan di LIMA 2017 Langkawi Malaysia.

The Jupiter ikut ambil bagian pada event HUT TNI AU ke 71 bersama pesawat Grob dan ratusan peswat lainnya yang juga mempertontonkan kebolehanya, Senin (10/4) di Halim Perdana Kusuma. Di hadapan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, Para Menteri, dan anggota Dewan maupun MPR, pejabat tinggi Istana, serta juga dihadiri ribuan masyarakat jakarta, The Jupiter ikut memeriahkan event tahunan tersebut.

Formasi pesawat Grob dengan membentuk angka “71” patut dibanggakan. Formasi  angka 71 ini menjadi perhatian khusus bagi para pejabat Negara dan penonton, karena mempunyai makna TNI AU genap usianya yang ke-71, sejak lahirnya Angkatan Udara. Dari masing-masing angka baik 7 maupun 1 dibawah kendali seorang Leader. Untuk Angka 7 yang menjadi Leader adalah Letkol Pnb. HS. Romas ”Condor”. Dalam kesehariannya ia menjabat sebagai Komandan Skadik 101, sedangkan untuk angka 1 dengan Leader Letkol Pnb. Didik Setia Nugraha, yang menjabat Komandan Skadik 104, Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto.

Atas kesuksesan yang dicapainya, Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM. menyampaikan ucapan selamat kepada Tim The Jupiter dan Grop serta pendukungnya, atas dedikasi, loyalitas, semangat dan profesionalisme para Penerbang The Jupiters dan seluruh Tim, Dimana telah melaksanakan misi dengan sukses, lancar dan aman. Menjalankan misi negara sebagai duta bangsa.

“Prestasi dan jerih payah untuk tampil di Negeri sendiri ini tidak berselang lama setelah mengharumkan nama bangsa, berhasil mengemban misinya usai tampil pada ajang LIMA 2017, di Langkawi Malaysia selama sepekan,” Papar Danlanud.

Komandan Lanud Adisutjipto, selaku Mission commander saat kedatangan The Jupiter, menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan beberapa misi JAT beberap pekan ini.  Disela-sela kepulangan The Jupiter dan Grob Team,  Komandan, memberikan apresiasi dengan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi pada satuan jajaran dan personel Lanud Adisutjipto khususnya yang terlibat dalam mendukung peringatan HUT TNI AU yang dipusatkan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, 9 April 2017 ini.

Sementara Letkol Pnb. Kisha “Razor” selaku Leader The Jupiter dalam kesempatan yang sama juga mengungkapkan rasa syukurnya yang mendalam bahwa tim bisa tampil dengan prima, sukses, selamat, sesuai rencana. The Jupiter bersama grob telah mengambil perhatian penonton, menjadi Icon dan mendominasi perayaan HUT TNI AU kali ini.

Letkol Kisha “Razor” menambahkan selain The Jupiter menampilkan berbagai manuver dan variasi yang ekstrim, sementara Grob membentuk formasi angka 71, ratusan pesawat lainnya yang menjadi kekuatan TNI AU turut serta dalam perayaan HUT ke 71 juga unjuk kebolehan di hadapan ribuan masyarakat Jakarta.

”Semoga TNI AU tetap jaya di udara menjaga kedaulatan wilayah NKRI,” harapnya. (Kandar)

Komentar

Komentar